Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pria Penjual Popcorn Asal Pakistan yang Sukses Merakit Pesawatnya Sendiri

Kompas.com - 06/05/2019, 16:11 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Seorang pria asal Pakistan, yang kesehariannya bekerja sebagai penjual popcorn dan penjaga keamanan, mengklaim bahwa dirinya telah berhasil merakit sendiri sebuah pesawat yang dapat terbang.

Dia mengklaim telah sukses menerbangkan pesawat rakitannya di sebuah jalan raya pada Februari lalu.

Adalah Muhammad Fayyaz (32) yang mengaku telah menghabiskan waktu selama dua tahun di sela-sela pekerjaannya, untuk membangun sebuah pesawat rakitan.

Dilansir AFP, Senin (6/5/2019), Fayyaz menggunakan bagian-bagian dari perkakas di sekitarnya untuk membangun pesawat impiannya.

Dia mengatakan mengambil mesin dari alat pemotong jalan, kerangka dan ban dari becak, dan sayap dari kain goni.

Baca juga: 7 Pesawat Jet Militer Tercepat Sepanjang Sejarah...

Fayyaz mengatakan, dia mempelajari hal-hal mengenai pesawat terbang dari televisi dan juga mencari informasi di internet. Bahkan dia mencetak sendiri cetak biru pesawatnya yang diambil dari internet.

Fayyaz bukanlah lulusan sekolah terkenal, bahkan dia harus putus sekolah di kelas delapan karena sang ayah meninggal dunia dan dia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan ibu dan kelima adiknya.

Setelah beranjak dewasa, impiannya untuk bergabung dengan angkatan udara dan menjadi pilot belum sirna. Bahkan dia bermimpi untuk membuat pesawat miliknya sendiri.

Menggunakan tabungan yang disisihkannya dari bekerja sebagai penjual popcorn dan penjaga keamanan, ditambah sebagian uang dari hasil menjual tanah warisan keluarga dan mencari pinjaman yang masih dicicilnya hingga saat ini, Fayyaz merakit sedikit demi sedikit pesawat impiannya.

Setelah melakukan percobaan selama hampir dua tahun, Fayyaz akhirnya siap untuk melakukan penerbangan pertamanya.

Pada Februari lalu, dengan dibantu teman-temannya, Fayyaz membawa pesawat rakitannya ke jalan kecil yang ditutup sebagai landasan pacu.

Baca juga: Baru Pertama Kali Naik Pesawat, Kakek Ini Paksa Buka Pintu Darurat

Salah seorang temannya, Ameer Hussain, mengatakan bahwa pesawat rakitan itu melaju hingga kecepatan 120 kilometer per jam sebelum akhirnya terangkat ke udara.

Saat itu Ameer mengendarai sepeda motor di samping pesawat yang diterbangkan Fayyaz.

"Pesawat itu melayang sekitar 60 hingga 75 sentimeter di atas permukaan tanah dan terbang sejauh dua sampai tiga kilometer sebelum kembali mendarat," ujarnya, dikutip AFP.

Namun sayangnya, tidak ada bukti rekaman dalam uji coba terbang itu dan tidak ada yang bisa membuktikan kebenaran kisah Fayyaz dan teman-temannya.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com