Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjadi Konflik di Gaza, Trump Dukung Israel 100 Persen

Kompas.com - 06/05/2019, 10:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan dukungannya secara penuh terhadap aksi Israel yang menyerang Jalur Gaza.

"Sekali lagi, Israel menghadapi gelombang serangan roket oleh grup teroris Hamas dan Islamic Jihad. Kami mendukung Israel 100 persen untuk menlindungi warganya," kata Trump di Twitter.

Baca juga: Diserang 600 Roket dari Gaza, Israel Bakal Terus Menyerbu

"Kepada rakyat Gaza, aksi teroris ini tak akan memberikan apapun kepada kalian. AKHIRI kekerasan ini dan bekerjasamalah. Itu bisa terjasi," ujar Trump dikutip AFP Senin (6/5/2019).

Pesan presiden 72 tahun itu muncul di tengah konflik Gaza yang memanas sejak perang 2014, di mana 19 warga Palestina dan empat orang Israel terbunuh.

Kementerian Kesehatan Gaza menyatakan di antara korban tewas terdapat ibu hamil dam bayi berusia empat bulan. Militer Islamic menolak berkomentar atas klaim itu.

Sementara sembilan lainnya dilaporkan merupakan milisi yang tergabung dengan Hamas maupun Islamic Jihad yang berafiliasi dengan kelompok itu.

Di sisi Israel, tiga di antara empat korban tewas merupakan warganya. Dengan Tel Aviv tak menyatakan identitas maupun kewarganegaraan korban keempat.

Israel melakukan serangan udara yang menargetkan markas keamanan setelah milisi Gaza menembakkan 600 roket sejak Sabtu pekan lalu (4/5/2019).

Pemerintahan Trump dikenal sangat dekat dengan sayap kanan Israel. Penasihat sekaligus menantunya jared Kushner sudah mempunyai rancangan perdamaian Timur Tengah.

Namun dalam rencana itu, Kushner disebut menarik diri dari solusi dua negara yang selama ini didengungkan, dan memilih menerima Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Para pemimpin Israel sudah menyatakan tidak akan meneriam tawaran mediasi apapun dari Trump yang dianggap begitu memihak Israel melalui serangkaian keputusan kontroversialnya.

Israel sudah lama menginginkan Kota Suci Yerusalem sebagai ibu kota mereka. Namun Palestina berharap bisa mendapat Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan mereka.

Baca juga: Gedung Kantor Berita Turki di Gaza Dibom Israel, Erdogan Meradang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com