Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Dinobatkan, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Ditandu ke Kuil Buddha

Kompas.com - 04/05/2019, 21:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN,AFP

BANGKOK, KOMPAS.com - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn telah resmi bergelar sebagai Raja Rama X dari Dinasti Chakri dalam upacara penobatan yang berlangsung Sabtu pagi (4/5/2019).

Setelah prosesi yang ditandai dengan penyematan mahkota seberat 7,3 kg, Raja Vajiralongkorn naik ke atas tandu terbuka dan diarak ke sebuah kuil Buddha.

Baca juga: Simbol Sah Kekuasaannya, Inilah 5 Pusaka Raja Thailand

Diwartakan CNN dan AFP, Raja Vajiralongkorn menaiki tandu kerajaan berlapis emas dan diangkat oleh pasukan berseragam oranye dan mengenakan helm emas.

Sementara pasukan berseragam merah dan putih berbaris di samping prosesi dalam fase akhir di hari pertama upacara penobatan. Upacara itu dilaporkan berlangsung selama tiga hari.

Tandu kerajaan dengan sang raja duduk di atasnya itu bakal bertolak menuju Kuil Emeral Buddha di Bangkok di mana Raja Vajiralongkorn bakal mendeklarasikan diri sebagai Pelindung Buddhisme.

Dalam titah pertamanya sesuai dinobatkan, raja berusia 66 tahun itu mengatakan dia berjanji bakal memerintah dengan kebenaran dan mementingkan rakyat Thailand.

Istri keempatnya Ratu Suthida, yang dinikahi pada Rabu (1/5/2019), berlutut sebagai tanda penghormatan di hadapan sang suami yang duduk di takhta.

Bagi kebanyakan masyarakat Thailand, ini adalah pertama kalinya bagi mereka melihat kemegahan upacara penobatan sejak mendiang Raja Bhumibol Adulyadej 1950 silam.

Salah satunya adalah Jakarin Kerdchok, relawan dari pelajar yang sibuk mengabadikan momen itu. "Saya begitu senang bisa ambil bagian di momen ini," terang remaja 16 tahun itu.

Raja Vajiralongkorn sebenarnya sudah berkuasa sejak 2016 ketika sang ayah Raja Bhumibol wafat. Namun, upacara pengesahannya baru dilaksanakan hari ini.

Raja Bhumibol yang berkuasa selama 70 tahun dikenal sebagai penguasa yang begitu dicintai rakyatnya, dan menjadi pemersatu ketika Thailand dilanda konflik.

Sementara sang anak tidak begitu dikenal oleh publik Thailand karena dia menghabiskan waktunya tinggal di luar negeri, dan jarang terlihat dalam acara kenegaraan.

Baca juga: Akhirnya, Maha Vajiralongkorn Resmi sebagai Raja Thailand

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com