Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2019, 16:57 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Suasana riuh rendah ketika Kaisar Naruhito tampil di depan publik Jepang untuk pertama kalinya sejak dia dinobatkan pada Rabu (1/5/2019).

Warga yang antusias berdiri selama berjam-jam dan berteriak serta bersorak ketika Kaisar Naruhito yang didampingi Permaisuri Masako itu berdiri di balkon kekaisaran.

Normalnya seperti diwartakan Reuters via Japan Times Sabtu (4/5/2019), acara itu biasanya hanya terjadi saat libur Tahun Baru atau ulang tahun kaisar.

Baca juga: Hormati Penobatan Kaisar Naruhito, Jepang Bakal Ampuni Penjahat

Dalam pidato pertamanya, Kaisar Naruhito meminta kepada seluruh rakyat Jepang untuk bekerja bersama dengan negara lain dan menciptakan perdamaian dunia.

"Saya benar-benar berharap negara kita, bergandengan tangan dengan pihak asing, bakal mencapai perdamaian dunia dan pembangunan berkelanjutan," ujar Kaisar Naruhito dilansir AFP.

Di sampingnya, Permaisuri Masako yang mengenakan topi dan pakaian kuning, melambai dan tersenyum kepada publik Jepang bersama anggota kekaisaran yang lain.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Kaisar Naruhito

Menurut media setempat NHK, keduanya dijadwalkan untuk menemui publik Jepang sebanyak enam kali sepanjang Sabtu. Dengan 50.000 orang berkumpul di gerbang utama saat sesi pertama.

Kaisar Naruhito duduk di Takhta Chrysanthemum dan menjadi kaisar ke-126 sepanjang 2.600 tahun sejarah Kekaisaran Jepang menggantikan ayahnya, Kaisar Emiritus Akihito.

Akihito bergelar emiritu setelah dia mengundurkan diri Selasa (30/4/2019). Menjadi Kaisar Jepang pertama setelah Kaisar Kokaku 200 tahun silam.

Adapun Kaisar Akihito bersama Permaisuri Emiritus Michiko tak mendampingi putranya setelah mereka memutuskan menarik diri dari tugas resmi pasca-30 tahun berkuasa.

Agenda serupa bakal mereka jalani pada 22 Oktober mendatang di mana Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako mengenakan pakaian tradisional dalam upacara istana.

Setelah itu, mereka bakal diarak ke jalan dan berparade dengan mendapat sambutan dari rakyat Jepang serta para pemimpin maupun bangsawan negara lain.

Baca juga: INFOGRAFIK: Naruhito, Kaisar Baru yang Memimpin Era Reiwa Jepang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.