Kompas.com - 04/05/2019, 10:26 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) memperingatkan Turki bisa dikeluarkan dari program jet tempur F-35 jika ngotot membeli sistem pertahanan Rusia.

Kepada wartawan, Acting Menteri Pertahanan Patrick Shanahan berkata pemerintah AS tetap menentang upaya Turki untuk membeli sistem rudal S-400 dari Rusia.

Baca juga: AS Kerahkan Jet Tempur F-35 dalam Misi Sungguhan Gempur Markas ISIS

"Jika Turki tetap memutuskan untuk melanjutkan kesepakatan S-400, maka kami harus mengeluarkan program itu dari Turki," terang Shanahan dilansir AFP Jumat (3/5/2019).

Shanahan menekankan dia sudah bertemu dengan perwakilan pabrikan jet tempur F-35 Lockheed Martin dan United Technologies untuk mendiskusikan kemungkinan jika Turki ngotot membeli S-400.

Selama berbulan-bulan, Washington telah memperingatkan Turki bahwa mempunyai S-400 bakal memberi ancaman terhadap F-35 sekaligus membahayakan pertahanan Barat.

Sebagai anggota NATO, Ankara telah berpartisipasi dalam proses produksi jet tempur siluman generasi kelima itu, dan sudah memesan 100 unit di antaranya.

Sejumlah pabrikan Turki membuat sejumlah suku cadang dan peralatan untuk F-35. Termasuk rudal jarak jauh (standoff), perakitan badan pesawat, hingga perkabelan.

Washington dilaporkan telah membekukan partisipasi Turki di program jet tempur itu, dan menawarkan rudal Patriot jika mereka bersedia membatalkan S-400.

Namun, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menyatakan berulang kali bahwa dia tidak akan sekali pun mundur dari pembelian sistem rudal Rusia itu.

Baca juga: Erdogan: Proyek Jet Tempur F-35 Bisa Kolaps Tanpa Bantuan Turki

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.