Kompas.com - 03/05/2019, 16:19 WIB

CARACAS, KOMPAS.com - Presiden Venezuela Nicolas Maduro mempunyai cara untuk meredam gejolak krisis yang terjadi di negaranya dalam satu pekan terakhir.

Diwartakan TASS via Newsweek Kamis (2/5/2019), Maduro mendeklarikasn Sabtu (4/5/2019) dan Minggu (5/5/2019) sebagai Hari Besar Dialog Nasional.

Baca juga: Berbaris Bersama Militer Venezuela, Maduro: Kami Tak Akan Menyerah

Dalam pernyataannya, Maduro menuturkan setiap daerah bisa membawa proposal maupun keluhan kepada pemerintahannya tentang apa yang harus dia lakukan.

"Saya berencana mengadopsi sebuah kebijakan untuk mengubah dan meningkatkan segala lini kehidupan. Saya ingin memperbaiki kesalahan saya," ujar Maduro.

Sejak naik berkuasa pada 2013, Venezuela sudah mengalami krisis ekonomi terburuk di sejarah modern. Dikenal sebagai negara kaya minyak, Venezuela berkutat dengan hiperinflasi.

Kondisi ekonomi yang buruk itu diperparah dengan kelangkaan kebutuhan pokok harian seperti makanan maupun obat-obatan, dan membuat angka kejahatan serta korupsi meningkat.

Situasi itu membuat pemimpin oposisi Juan Guaido maju dan mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara Januari lalu, serta menyerukan kepada rakyat untuk menggulingkan Maduro.

Pada Selasa (30/4/2019), Guaido mengunggah video di Twitter yang memperlihatkan dia berdiri di Pangkalan Udara La Carlota di dekat ibu kota Caracas.

Di belakangnya terdapat sekelompok pria berseragam militer dengan Guaido menyatakan dia mendapat dukungan tentara, dan kembali meminta rakyat untuk bergerak melengserkan Maduro.

Situasi itu kemudian bereskalasi menjadi konflik ketika pasukan yang loyal dengan Maduro terlibat bentrok dengan militer yang memilih mendukung Guaido.

Halaman:
Sumber Newsweek


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.