Nufransa Wira Sakti
Staf Ahli Menkeu

Sept 2016 - Jan 2020: Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan.

Saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengawasan Pajak

Sri Mulyani dan Wajah Perempuan di Selembar Kertas di Fiji

Kompas.com - 03/05/2019, 08:06 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini


MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Menkeu SMI), sama seperti kebanyakan orang, di waktu luang suka iseng membuat corat-coret di kertas menggambar sesuai kehendak hati.

Ketika sedang menunggu waktu rapat, Menkeu SMI menggambar dengan pensil wajah seorang perempuan. Ini dilakukan di tengah jadwal yang padat setelah perjalanan panjang 20 jam menuju Fiji.

SMI bersama rombongan menghadiri acara pertemuan tahunan Asian Development Bank (ADB) ke 52 di Nadi, Fiji. Perjalanan dimulai Selasa malam 30 April 2019 pukul 23.30 WIB. Kami transit di Sydney sekitar 5 jam sebelum akhirnya tiba di Fiji pukul 20.30 waktu Fiji.

Setiba di Fiji dari perjalanan  panjang, SMI memutuskan untuk mengadakan dinner meeting untuk membahas beberapa bahan dan aktivitas selama acara di Fiji. Rapat selesai Rabu 1 Mei 2019 pukul 23.00

Hari Kamis 2 Mei 2019 acara sangat padat. Diawali dengan pertemuan Menkeu dengan Menteri Ekonomi Fiji Aiyaz Sayed-Khaiyum, yang juga merangkap sebagai Jaksa Agung dan Menteri Komunikasi.

Menteri Khaiyum memyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah membantu saat Fiji mengalami bencana alam. Penerintah Fiji juga mengundang investor dari Indonesia pada sektor turisme dan energi.

Selepas pertemuan, acara berikutnya adalah wawancara dengan CNBC International. SMI menjelaskan mengenai isue terkini perpajakan terkait tax reform, dana repatriasi dalam program tax amnesty, penerimaan negara dan capaian Indonesia dalam pertumbuhan ekonomi yang meningkat secara konsisten.

Setelah itu acara berlanjut dengan wawancara oleh majalah The Banker. Bersamaan dengan wawancara,  The Banker menyampaikan plakat kepada Menteri Keuangan Indonesia sebagai Finance Minister of the Year of 2019 yang telah diumumkan Januari 2019 lalu.

Dalam wawancara tersebut dibahas pertumbuhan ekonomi Indonesia yang akan terus dijaga dalam level yang tepat tanpa mengakumulasi utang yang eksesif.

Pemerintah Indonesia juga akan fokus dalam isu struktural yang mempengaruhi kredibilitas Indonesia. Kuncinya adalah perbaikan dalam infrastruktur, pendidikan, dan birokrasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.