Kompas.com - 02/05/2019, 22:54 WIB

CARACAS, KOMPAS.com - Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengucapkan terima kasih kepada militernya karena telah melawan plot pengkhianatan yang ditujukan kepadanya.

"Kesetiaan adalah nilai yang Anda bisa punya, bisa juga tidak. Saya yakin kalian tidak akan mengkhianati ibu pertiwi," kata Maduro di hadapan militer.

Diwartakan The Guardian Kamis (2/5/2019), Maduro ikut berbaris bersama pasukan dalam parade militer yang disiarkan televisi nasional pagi waktu setempat.

Baca juga: Bantah Hendak Kabur dari Venezuela, Maduro Klaim Kalahkan Kudeta

Presiden yang berkuasa sejak 2013 itu mengklaim, pihaknya berhasil menghentikan potensi perang sipil karena upaya kudeta yang dilakukan para pengkhianat.

"Berapa banyak kerusakan yang akan kita hadapi dan berapa tahun yang harus kita lewati jika terjadi perang? Sebab kami tak akan menyerah," tegas Maduro.

Televisi nasional Venezuela melaporkan parade itu merupakan upaya untuk "memastikan loyalitas dari angkatan bersenjata" sekaligus memantapkan posisi Maduro.

Sebelumnya pada Selasa pagi waktu setempat (30/4/2019), pemimpin oposisi Juan Guaido tampil di Pangkalan Udara La Carlota di kawasan ibu kota Caracas.

Dalam video yang diunggah ke Twitter pribadinya, Guaido menyatakan agar angkatan bersenjata Venezuela untuk berbalik dari Maduro dan mendukunngya.

Namun, permintaannya sejauh ini tidak mendapat respon memuaskan meski dikabarkan menghabiskan beberapa bulan terlibat pembicaraan rahasia dengan sejumlah pejabat militer Venezuela.

Para pejabat yang dilaporkan bertemu Guaido di antaranya adalah Kepala Intelijen Militer Ivan Rafael Hernandez dan Menteri Pertahanan Vladimir Padrino.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.