Kompas.com - 02/05/2019, 16:11 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan kompatriotnya di Rusia, Sergey Lavrov, dilaporkan saling tuduh tentang krsis di Venezuela.

Melalui pembicaraan telepon, kedua menlu saling tuduh bahwa negara mereka telah menciptakan ketidakstabilan di negara kawasan Amerika Selatan itu.

Dengan upaya AS untuk melengserkan Presiden Nicolas Maduro dari kekuasaan, Pompeo berkata Rusia dan Kuba merupakan kekuatan yang terus menanamkan pengaruh sayap kiri di Venezuela.

Baca juga: Satu Orang Ditembak Mati dalam Demonstrasi Hari Buruh di Venezuela

Juru bicara Kemenlu AS Morgan Ortagus menuturkan, Pompeo menekankan intervensi dua negara itu telah membuat situasi Venezuela jadi tak stabil dan mengancam relasi AS-Rusia.

"Pompeo mendesak Rusia untuk menghentikan dukungan kepada Maduro dan bergabung bersama negara yang menyerukan adanya transisi kekuasaan," kata Ortagus dikutip AFP Kamis (2/5/2019).

Namun Lavrov menyanggah ucapan Pompeo. Dia menuturkan sebaliknya Washington justru telah memberi "pengaruh merusak" dengan mendukung pemimpin oposisi Juan Guaido.

Guaido yang mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara pada Januari lalu mengklaim telah mendapatkan dukungan militer untuk menggulingkan Maduro.

"Masuknya AS ke urusan domestik Venezuela jelas-jelas merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional," terang juru bicara Kemenlu Rusia mengutip ucapan Lavrov.

Lavrov kemudian menyoroti ucapan Presiden Donald Trump, yang seperti ditirukan oleh Pompeo, bahwa Washington siap mengerahkan militer ke Venezuela jika diperlukan.

"Upaya agresif seperti ini sarat akan konsekuensi. Hanya rakyat Venezuela yang berhak menentukan nasib mereka sendiri," kata Lavrov di telepon.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.