Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Pertama Kali Naik Pesawat, Kakek Ini Paksa Buka Pintu Darurat

Kompas.com - 02/05/2019, 15:42 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SHANGHAI, KOMPAS.com - Seorang pria tua dilaporkan ditahan selama 10 hari di Provinsi Zhejiang yang berada di kawasan timur China setelah naik pesawat.

Pria dengan marga Song itu awalnya naik pesawat dengan keluarganya menggunakan pesawat Shandong Airlines dari Jinan ke Putuo, berlokasi di tenggara Shanghai, pada 21 April.

Baca juga: Penumpang Buka Pintu Darurat saat Taxi, Penerbangan GoAir Tertunda

Seperti diberitakan ThePaper.cn via SCMP Kamis (2/5/2019), Song menjadi tidak sabar ketika pesawat sudah mendarat dengan para penumpang bersiap untuk keluar.

Dia pun memutuskan membuka pintu darurat pesawat yang terletak di sampingnya sehingga dia tidak perlu berdesak-desakan saat meninggalkan pesawat.

"Saya menarik tuasnya dan membukanya," terang kakek berusia 65 tahun itu. Dia kaget mengetahui tidak ada tangga untuk turun dan segera berbalik.

Saat itulah, dia telah dikelilingi oleh staf maskapai dan petugas keamanan bandara. Song ditangkap dan diserahkan ke Kepolisian Putuo sebelum dijebloskan ke penjara.

Dia mengaku baru pertama kali terbang naik pesawat dan tidak mengetahui jika dia tidak diperbolehkan membuka pintu darurat yang diperuntukkan bagi keadaan penting.

Staf maskapai dilaporkan langsung menutup pintu darurat dengan proses keluarnya penumpang berjalan dengan lancar. Insiden itu kemudian menjadi perdebatan di Weibo.

Salah satu warganet menuturkan meski baru pertama naik pesawat, bukan berarti Song tidak bersalah. Sebab, pramugari biasanya sudah menjelaskan sebelum lepas landas.

"Awak kabin selalu memperingatkan pintu darurat tak boleh sembarangan dibuka. Pria itu bertindak ceroboh tanpa peduli keselamatan penumpang lain," kritis netizen itu.

Ini bukan kali pertama penumpang di China harus mendapat hukuman karena membuka pintu darurat tanpa alasan yang jelas. Kejadian lain terjadi pada April tahun lalu.

Saat itu, seorang pria berusia 25 tahun tersebut mendapatkan dendam hingga 70.000 yuan, sekitar Rp 148,1 juta, karena membuka pintu darurat untuk mendapat udara segar.

Baca juga: Kebakaran Gedung di Dhaka, Pintu Darurat Diduga Terkunci

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com