Kompas.com - 01/05/2019, 23:03 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Thailand mengumumkan permaisuri Raja Maha Vajiralongkorn jelang upacara penobatannya yang bakal berlangsung tiga hari lagi.

Berdasarkan Royal Gazette yang dipublikasikan seperti dikutip AFP Rabu (1/5/2019), nama permaisuri yang baru adalah Suthida Vajiralongkorn na Ayudhya.

Suthida adalah perempuan berusia 40 tahun yang merupakan perwira tinggi berpangkat Jenderal di unit khusus Pasukan Penjaga Raja. Dia juga pernah menjadi pramugari maskapai Thai Airways.

Baca juga: Pernyataan Raja Thailand Bikin Putri Ubolratana Batal Jadi Calon Perdana Menteri

Pengumuman itu menyatakan Raja Vajiralongkorn telah menikah dengan Suthida pada Rabu waktu setempat secara legal dan sesuai dengan tradisi kerajaan.

"Karena itu, beliau menganugerahkan gelar kerajaan menjadi Ratu Suthida mulai saat ini," demikian pemberitahuan yang dikeluarkan dari Royal Gazette.

Upacara itu dilaporkan berlangsung di Istana Dusit Bangkok. Raja Vajiralongkorn mengenakan seragam berwarna putih, dengan Ratu Suthida memakai pakaian traidisional Thailand.

Ratu Suthida pertama kali mendapat gelar kerajaan pada 2012 ketika bertugas di Resimen Penjaga Putra Mahkota dengan pangkat Letnan Kolonel, seperti dilansir SCMP.

Saat itu dalam keterangan Kantor Perdana Menteri, penghargaan itu diberikan setelah Suthida menunjukkan loyalitas, kejujuran, dan tanggung jawab menjaga Vajiralongkorn.

Enam penghargaan kemudian diberikan kepada Suthida setahun berselang untuk meningkatkan pangkatnya. Pada akhir 2013, dia sudah menjadi Mayor Jenderal.

Kemudian Agustus 2016, dia mendapatkan pangkat Letnan Jenderal sebelum memperoleh bintang empat sebagai Jenderal Angkatan Darat beberapa bulan kemudian.

Adapun Raja Vajiralongkorn sebelumnya sudah mempunyai tiga istri dengan istri terakhirnya adalah Putri Srirasmi sebelum bercerai pada 2014 setelah 13 tahun menikah.

Raja Vajiralongkorn bakal dinobatkan sebagai pemimpin ke-10 Dinasti Chakri dalam upacara selama tiga hari yang berlangsung Sabtu nanti (4/5/2019).

Penguasa berusia 66 tahun itu naik takhta setelah sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej, wafat pada 2016. Sekitar 200.000 orang bakal menghadiri upacara penobatannya.

Baca juga: Raja Thailand Kecam Upaya Kakaknya Jadi Calon Perdana Menteri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.