Kompas.com - 01/05/2019, 10:47 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan, Presiden Venezuela Nicolas Maduro bersiap untuk meninggalkan negaranya menuju Kuba.

Namun, keberangkatannya urung dilakukan setelah pembicaraan dengan Rusia.

"Kami sudah menyaksikan sepanjang hari, sudah lama sejak semua melihat Maduro," katanya dalam wawancara dengan CNN, Selasa (30/4/2019).

Baca juga: Ada Upaya Kudeta, Kerusuhan Pecah di Venezuela

"Dia sudah punya pesawat yang bersiap di landasan untuk pergi pagi ini, namun Rusia meyakinkan agar dia harus tetap berada di Venezuela," ucapnya.

"Dia berencana menuju ke Havana," imbuhnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menyatakan klaim Pompeo itu keliru.

"Washington mencoba untuk menurunkan moral tentara Venezuela dan sekarang menggunakan klaim palsu sebagai bagian dari perang informasi," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menuding Kuba telah mendukung Maduro. Dia juga memperingatkan adanya dugaan pengiriman ribuan tentara negara komunis itu ke Venezuela.

Trump pun mengeluarkan ancaman kepada Kuba apabila negara tersebut mengerahkan pasukan untuk mengacaukan konstitusi Venezuela.

"Jika pasukan Kuba dan milisi tidak segera menghentikan operasi militer dan lainnya untuk tujuan menyebabkan kematian dan kehancuran pada konstitusi Venezuela, embargo penuh dan menyeluruh, bersama dengan sanksi tertinggi akan diterima pulau Kuba," begitu kicauan Trump.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNN,AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.