Kompas.com - 30/04/2019, 22:31 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan "apresiasi yang tulus" terhadap Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko yang telah turun takhta, pada Selasa (30/4/2019).

Trump juga menyambut dimulainya era baru di Jepang yang diharapkan dapat membawa hubungan kerja sama yang lebih baik di antara kedua negara.

"Ketika era Heisei hampir berakhir dan generasi baru bersiap untuk naik takhta, saya ingin mengakui betapa pentingnya Amerika Serikat untuk berhubungan dekat dengan Jepang," kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Trump mencatat, Kaisar Akihito yang turun takhta pada Selasa (30/4/2019), telah menyambut lima presiden AS ke Jepang selama masa pemerintahannya sejak akhir Perang Dingin hingga akhirnya turun takhta.

Baca juga: Setelah Turun Takhta, Akihito Bakal Bergelar Kaisar Emiritus

Termasuk Trump yang sempat berkunjung dan bertemu dengan Kaisar Akihito pada November 2017.

"Hubungan bilateral kami sangat penting untuk menavigasi tantangan global pada masa-masa itu," ujar Trump.

Kini menyambut kaisar dan era baru Jepang, Trump beserta istrinya Melania, telah dijadwalkan untuk menjadi tamu kenegaraan pertama yang berkunjung dan bertemu dengan Kaisar Naruhito pada 25-28 Mei mendatang.

"Kami berharap dapat melanjutkan tradisi kemitraan dan kerja sama dengan Jepang, sekutu besar kami di era yang baru," tutur Trump.

Duta besar AS untuk Jepang, Bill Hagerty, sebelumnya juga telah merilis video peringatan yang merefleksikan hubungan antara kedua negara saat menyambut awal era baru, Reiwa.

"Selama tiga dekade terakhir, negara-negara kami telah bekerja sama dalam membangun hubungan terdekat dan terpenting yang pernah terjalin antara dua negara di dunia."

"Beberapa dekade ini telah membawa aliansi keamanan yang signifikan ke depan," ujar Hagerty.

"Saya meyakini hubungan kemitraan kita yang abadi akan berlanjut dalam harmoni yang indah untuk tahun-tahun yang akan datang," tambahnya.

Baca juga: Setelah Turun Takhta, di Mana Akihito Akan Tinggal?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Kyodo News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.