Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kesan Trump Terhadap Kaisar Akihito yang Turun Takhta

Kompas.com - 30/04/2019, 22:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Kyodo News

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan "apresiasi yang tulus" terhadap Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko yang telah turun takhta, pada Selasa (30/4/2019).

Trump juga menyambut dimulainya era baru di Jepang yang diharapkan dapat membawa hubungan kerja sama yang lebih baik di antara kedua negara.

"Ketika era Heisei hampir berakhir dan generasi baru bersiap untuk naik takhta, saya ingin mengakui betapa pentingnya Amerika Serikat untuk berhubungan dekat dengan Jepang," kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Trump mencatat, Kaisar Akihito yang turun takhta pada Selasa (30/4/2019), telah menyambut lima presiden AS ke Jepang selama masa pemerintahannya sejak akhir Perang Dingin hingga akhirnya turun takhta.

Baca juga: Setelah Turun Takhta, Akihito Bakal Bergelar Kaisar Emiritus

Termasuk Trump yang sempat berkunjung dan bertemu dengan Kaisar Akihito pada November 2017.

"Hubungan bilateral kami sangat penting untuk menavigasi tantangan global pada masa-masa itu," ujar Trump.

Kini menyambut kaisar dan era baru Jepang, Trump beserta istrinya Melania, telah dijadwalkan untuk menjadi tamu kenegaraan pertama yang berkunjung dan bertemu dengan Kaisar Naruhito pada 25-28 Mei mendatang.

"Kami berharap dapat melanjutkan tradisi kemitraan dan kerja sama dengan Jepang, sekutu besar kami di era yang baru," tutur Trump.

Duta besar AS untuk Jepang, Bill Hagerty, sebelumnya juga telah merilis video peringatan yang merefleksikan hubungan antara kedua negara saat menyambut awal era baru, Reiwa.

"Selama tiga dekade terakhir, negara-negara kami telah bekerja sama dalam membangun hubungan terdekat dan terpenting yang pernah terjalin antara dua negara di dunia."

"Beberapa dekade ini telah membawa aliansi keamanan yang signifikan ke depan," ujar Hagerty.

"Saya meyakini hubungan kemitraan kita yang abadi akan berlanjut dalam harmoni yang indah untuk tahun-tahun yang akan datang," tambahnya.

Baca juga: Setelah Turun Takhta, di Mana Akihito Akan Tinggal?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kyodo News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com