Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Happy Rabbit, Cikal Bakal Bugs Bunny Tampil Perdana

Kompas.com - 30/04/2019, 17:09 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap studio film biasanya membuat karakter unik yang menjadi ikon, dan disukai jutaan penonton. Hal yang sama dipikirkan Warner Brothers yang merilis sejumlah karakter kartun. 

Warner Bros menghadirkan serial televisi Looney Tunes dengan menghadirkan sejumlah karakter unik. Salah satu karakter ikoniknya adalah Bugs Bunny.

Saat pertama muncul, Bugs Bunny masih bernama Happy Rabbit. Kelinci yang digambarkan ceroboh, tak sopan, dan banyak akal, Happy Rabbit kali pertama tampil pada hari ini 81 tahun yang lalu, tepatnya 30 April 1938.

Dilansir dari Britannica, sosok ini muncul perdana dalam episode berjudul "Porky's Hare Hunt". Animasi pendek yang disutradarai oleh Ben Hardaway ini menampilkan dua karakter, yaitu babi dan kelinci.

Babi dalam film tersebut bernama Porky Pig selaku pemburu, sedangkan kelincinya adalah Happy Rabbit. Porky Pig dengan senapannya berusaha menembak Happy Rabbit ketika berada di hutan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Disney Merilis Animasi Pinocchio pada 1940

Porky Pig dan Happy Rabbitwikipedia Porky Pig dan Happy Rabbit

Namun, karakter Happy Rabbit dikenal banyak akal dan mampu mengecoh Porky Pig. Melalui film pendek ini, Bugs Bunny lahir dan menjadi sosok yang dikenal banyak orang sampai sekarang.

Karakter kelinci ini muncul di berbagai film pendek, film layar lebar, kompilasi, serial TV, rekaman musik, komik, video game, acara penghargaan, wahana taman hiburan, dan iklan.

Ketenaran

Evolusi Bugs Bunnywikipedia Evolusi Bugs Bunny
Hadirnya karakter kelinci dalam "Porky's Hare Hunt" didaulat sebagai awal munculnya Happy Rabit, cikal bakal Bugs Bunny di televisi.

Setelah "Porky's Hare Hunt" hadir, muncul beberapa film animasi yang memunculkan karakter kelinci dengan bentuk serupa. Namun, terdapat perbedaan bentuk kelinci ini di setiap film yang tayang.

Pada 1939, kelinci kembali hadir dalam film "Perst-O Change-O" yang disutradarai oleh Chuck Jones. Sama seperti sebelumnya, sosok kelinci ini juga mempunyai karakter yang banyak akal dan membawa tawa bagi penonton.

Selain itu, muncul juga kelinci dalam film "Hare-um Scare-um" yang disutradarai lagi oleh Dalton dan Hardaway pada 1939. Dalam serial ini, kelinci itu kali pertama digambarkan dalam warna abu-abu, bukan putih seperti sebelumnya.

Baca juga: 7 Fakta Snow White and the Seven Dwarfs, Animasi Panjang Pertama di Dunia

Akhirnya penggunaan nama Bugs Bunny baru muncul secara resmi dalam serial "A Wild Hare". Film tersebut tayang pada 27 Juli 1940.

Dilansir dari History, film animasi Warner Bros ini mendapatkan respons positif di masyarakat. Karakter kelinci yang biasanya mempunyai ukuran berbeda-beda mulai dimunculkan Warner Bros.

Warna sarung tangannya menjadi putih, seperti warna mulutnya, dan telinganya sedikit berubah juga.

Produksi ini sukses besar, dan menciptakan permintaan segera untuk penampilan Bugs Bunny lebih lanjut. Warner Bros akhirnya memproduksi berbagai film Bugs Bunny secara berkelanjutan.

Pada 1940-an, karakter Bugs Bunny menjadi ikonik ketika Perang Dunia II berjalan. Dia menjadi tokoh favorit di militer Amerika Serikat (AS). Pihak militer juga sering menjadikan karakter itu sebagai favorit.

Bugs Bunny juga menjadi maskot dalam Angkatan Udara AS. Sosoknya juga diangkat manjadi Sersan kerhormatan di Korps Marinir AS.

Ketenarannya terus berlanjut hingga ke era modern. Pada 2002, karakter ini mendapatkan penghargaan terbesarnya karena mendapat penganugerahan karakter kartun nomor satu sepanjang masa oleh majalah TV Guide yang mempunyai pengaruh besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com