Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xi Jinping Minta Generasi Muda China Mencintai Partai Komunis

Kompas.com - 30/04/2019, 14:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping meminta kepada seluruh generasi muda di negerinya untuk menunjukkan loyalitas kepada Partai Komunis, dan membangkitkan patriotisme.

Xi membawakan pidato selama satu jam di Aula Besar Rakyat untuk memperingati Pergerakan 4 Mei. Yakni aksi protes melawan kolonialisme dan imperialisme pada 1919.

Baca juga: Partai Komunis China Minta Anggotanya Rayakan Hari Ulang Tahun Politik, Apa Itu?

Dilansir AFP Selasa (30/4/2019), pidato itu dibawakan ketika partai tengah menghadapi perlambatan ekonomi dan sejumlah momen politik seperti Peringatan Lapangan Tiananmen 4 Juni 1989.

Dalam pidatonya di hadapan pemuda hingga kader Partai Komunis, Xi berkata akan sangat memalukan jika ada orang yang tidak patriotik atau bahkan mengkhianati tanah airnya.

"Dalam China yang kontemporer, inti dari kesetiaan adalah menggabungkan cinta dengan negara dan cinta terhadap partai serta sosialisme," kata Xi.

"Generasi muda China di era baru sekarang ini harus mendengarkan setiap perkataan partai dan mengikuti apa yang diperintahkan partai," lanjut presiden 65 tahun itu.

Peringatan 4 Mei 1919 merupakan pergerakan nasional di mana 3.000 mahasiswa Universitas Beijing berbaris menuju Lapangan Tiananmen setelah Jerman menyerahkan China kepada Jepang di akhir Perang Dunia I.

Sementara Xi berulang kali memuji ajaran filsuf Jerman Karl Marx serta Partai Komunis, pihak berwenang menindak para siswa Marxis yang mendukung gerakan buruh dalam beberapa bulan terakhir.

Xi menjelaskan di tengah tantangan eksternal yang dihadapi, rakyat China harus mempertahankan kekuatan dengan mematuhi aturan dan menciptakan hidup enak dengan kerja keras dan kejujuran.

"Generasi muda seharusnya tidak bersikap oportunistis dan mengambil jalan pintas," beber presiden berusia 65 tahun yang berkuasa sejak Maret 2013 tersebut.

AFP memberitakan, para pemuda, tentara, kalangan pekerja, hingga kader Partai Komunis mendengarkan pidato Xi. Bahkan, ada yang tekun mencatat setiap kalimatnya.

Baca juga: Presiden China Xi Jinping Ternyata adalah Penggemar Game of Thrones

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com