Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon Akan Kirim 320 Tentara Tambahan ke Perbatasan Meksiko

Kompas.com - 30/04/2019, 11:50 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Departemen Pertahanan AS mengumumkan bahwa mereka akan kembali mengerahkan tentara tambahan ke perbatasan selatan dengan Meksiko.

Sekitar 320 tentara akan dikirim ke perbatasan untuk mendukung para petugas imigrasi.

Pasukan tersebut akan bergabung dengan sekitar 2.900 tentara militer dan 2.000 petugas Garda Nasional, yang saat ini ditempatkan di perbatasan. Mereka akan ditempatkan di perbatasan hingga akhir September tahun ini.

Juru bicara Pentagon, Letnan Kolonel Jamie Davis mengatakan, tentara tambahan tersebut akan bertugas membantu mengangkut para migran, memantau kesejahteraan para migran di tempat penampungan, serta menyediakan penghangat serta makanan.

Ditegaskan Davis, para tentara tambahan yang bakal dikirim tidak akan ditugaskan untuk menjalankan fungsi penegakan hukum.

Baca juga: Pentagon Kembali Perpanjang Misi Penempatan Tentara di Perbatasan Meksiko

"Dalam situasi apa pun yang mengharuskan personel Departemen Pertahanan berada dekat dengan para migran, personel penegak hukum Departemen Keamanan Dalam Negeri akan hadir untuk melakukan semua fungsi penahanan dan penegakan hukum," kata Davis, dikutip AFP.

Dalam beberapa bulan terakhir, ribuan migran telah tiba di Meksiko, terutama warga Amerika Tengah yang melarikan diri dari kemiskinan dan kekerasan di negara mereka.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menganggap para migran tersebut sebagai ancaman terhadap keamanan nasional.

Trump pekan lalu juga mengatakan bahwa AS akan mengirimkan tentara bersenjata ke perbatasan selatan, menyusul insiden dengan tentara Meksiko yang mengarahkan senjatanya ke pasukan AS.

Presiden Trump telah menjadikan isu imigran ini sebagai inti dalam pesannya kepada orang-orang di parlemen. Trump bahkan menuliskan bahwa rombongan besar migran berjumlah hingga 20.000 orang sedang dalam perjalanan ke Meksiko untuk menuju perbatasan dan mencoba memasuki wilayah AS.

Isu migran juga telah mendorong Trump untuk menggencarkan proposal tembok perbatasan miliknya, yang membutuhkan anggaran hingga 5,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp 79,9 triliun, dan belum disetujui parlemen.

Baca juga: Pentagon Sepakat Kucurkan Dana Rp 14 Triliun untuk Bangun Tembok Perbatasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com