Kompas.com - 30/04/2019, 07:54 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (30/4/2019), untuk kali pertama dalam sejarah 200 tahun, kaisar Jepang akan turun takhta.

Upacara utama turun takhta bakal dilaksanakan tepat pada pukul 17.00 waktu Jepang atau pukul 15.00 WIB petang.

Ritual utama turun takhta tersebut akan dilangsungkan di Matsu no Ma atau Ruangan Pinus, aula seluas 370 meter persegi yang paling mewah di Istana Kekaisaran.

Ruangan berlantai kayu dari pohon zelkova Jepang itu memiliki dinding yang ditutupi dengan kain bermotif daun pinus.

Ritual akan menggunakan dua dari tiga benda pusaka kerajaan, yakni pedang Kusanagi sebagai simbol keberanian dan permata Yasakani no Magatama sebagai simbol kebajikan.

Baca juga: Jelang Turun Takhta, Kaisar Akihito Lapor pada Leluhur di Kuil Shinto

Pusaka ketiga, yakni cermin Yata no Kagami sebagai simbol kebijaksanaan tidak akan ditampilkan dan tetap disimpan di tempat suci di istana.

Tiga pusaka tersebut, yang melambangkan bukti penting dari keabsahan seorang kaisar Jepang, yang dipercaya sebagai keturunan dari dewa.

Ritual turun takhta itu akan dihadiri oleh lebih dari 300 orang, termasuk para bangsawan, pemimpin pemerintahan dan parlemen, hakim tinggi, kepala pemerintah daerah, beserta pasangan mereka.

Perdana Menteri Shinzo Abe juga akan hadir sebagai perwakilan dari rakyat Jepang, yang akan menyampaikan pesan sebelum Akihito menyampaikan pidato terakhirnya sebagai seorang kaisar.

Upacara ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi kaisar untuk bertemu dengan perwakilan rakyat Jepang sebelum dia resmi turun takhta.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.