Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Samuel Morse, Penemu Sandi Morse

Kompas.com - 26/04/2019, 22:52 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Samuel Finley Breese Morse, atau dikenal dengan nama Samuel Morse, merupakan seorang pelukis serta penemu yang berasal dari Amerika Serikat (AS).

Dia dikenal setelah mengembangkan sebuah sistem telegraf elektronik tunggal berdasarkan telegraf Eropa serta salah satu yang menemukan Kode Morse.

Diambil dari berbagai sumber, berikut merupakan biografi dari Morse.

Baca juga: Pengguna Android Bisa Ketik Morse di Gboard

1. Masa Kecil
Samuel Morse dilahirkan pada 27 April 1791 di Charlestown, Massachusetts. Anak dari pasangan Pastor Jedidiah Morse yang merupakan pakar geografi serta Elizabeth Ann Finley Breese.

Setelah menempuh pendidikan di Akademi Phillips di Andover, Morse melanjutkan sekolah di Yale College untuk mempelajari Filsuf Religius, Matematika, dan Sains Kuda.

Saat itu, dia juga mengikuti kuliah kelistrikan yang diberikan pakar kimia AS Benjamin Silliman dan Jeremiah Day. Pada 1810, dia lulus dengan menerima gelar dari warga akademik Phi Beta Kappa.

Baca juga: Kode Morse THR

2. Karir sebagai Seniman
Setelah lulus, sebenarnya Morse ingin mengejar karir sebagai pelukis. Namun ayahnya ingin dia memmpunyai pekerjaan mapan. Jadi, Jedidiah mendesak anaknya supaya belajar bersama penerbit di Boston.

Namun, keteguhan Morse membuat ayahnya menyerah dan mengizinkannya untuk belajar seni di Inggris. Di sana, dia belajar bersama sejumlah seniman, termasuk Benjamin West di Royal Academy.

Mengadopsi gaya lukisan "romantis", Morse menggunakan kanvas besar untuk melukis sebuah peristiwa sejarah epik maupun menggambarkan biografi heroik dalam pewarnaan yang brilian.

Lima tahun kemudian, dia kembali ke AS dan mendirikan studio di Boston. Pada 1818, dia menikah dengan Lucretia Walker dan mempunyai tiga buah hati.

Setelah membuka studio Morse menyadari, gaya lukisannya memang menarik perhatian, namun tidak secara penjualan sehingga dia mulai mengalami kesulitan keuangan.

Morse pun menjadi seniman keliling yang bepergian dari New England ke Carolinas untuk mendapat pekerjaan. Saat itu, dia berhasil menyelesaikan dua mahakarya.

Yakni lukisan dua tokoh Perang Kemerdekaan. Yakni Marquis de Lafayette dan George Washington yang merupakan presiden pertama Negeri "Uncle Sam".

Baca juga: Saat Telegraf Membantu Polisi Tangkap Penjahat untuk Kali Pertama...

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com