Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahathir: Malaysia adalah Teman China

Kompas.com - 26/04/2019, 17:09 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir memuji China dan berharap negara di kawasan Asia Timur itu bisa terus memberikan investasi bagi Negeri "Jiran".

Berbicara dalam sesi dialog dengan para bos perusahaan yang difasilitasi Kementerian Industri dan Perdagangan China (MITI), Mahathir berharap kerja sama bisa semakin erat.

Baca juga: Menjabat di Usia 93 Tahun, Ini Rahasia Penampilan Prima PM Mahathir

Diberitakan Bernama via Malaysia Kini Kamis (25/4/2019), PM berjuluk Dr M itu berharap komunitas bisnis China bisa melihat peluang di Malaysia dan berinvestasi.

"Kami punya pemerintahan yang ramah dan bisa membantu investor. Malaysia adalah teman China dan siap untuk semakin bekerja sama di sektor bisnis," puji Mahathir.

China dilaporkan mitra dagang terbesar Malaysia  dalam 10 tahun terakhir. Tahun lalu, perdagangan dua negara mencapai 313 miliar ringgit, atau Rp 1.074 triliun.

Angka itu naik delapan persen dibanding 2017. Adapun Malaysia merupakan mitra dagang terbesar Beijing jika dibandingkan negara anggota ASEN lainnya.

Mahathir mengklaim sejak memperoleh kemerdekaan pada 1957, Malaysia telah mengundang investor dari seluruh dunia. Investor melihat situasi politik Malaysia lebih stabil dari negara tetangga.

"Para investor asing itu mendapatkan banyak sekali keuntungan setelah berinvestasi di Malaysia," terang PM yang pernah berkuasa pada periode 1981 sampai 2003 itu.

Mahathir di China dalam rangka kunjungan selama lima hari dan juga menghadiri KTT Inisiatif Sabuk dan Jalan Kedua, diundang langsung oleh Presiden Xi Jinping.

Merespon pertanyaan dari peserta dialog, Mahathir menegaskan kondisi bisnis dan investasi Malaysia tak berubah meski dirinya kembali berkuasa sejak Mei 2018.

Lebih lanjut, Mahathir mengungkapkan pemerintahannya mempertimbangkan untuk menurunkan pajak sehingga bisa semakin menyemarakkan iklim investasi di sana.

Baca juga: Jokowi Sebut Mahathir hingga Erdogan Telepon Ucapkan Selamat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com