Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pawang Jelaskan Asal Muasal Foto "Selfie" Gorila yang Viral

Kompas.com - 26/04/2019, 15:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KINSHASA, KOMPAS.com - Dua ekor gorila berdiri di belakang si penjaga hutan. Satu dalam posisi berdiri tegak. Satunya lagi sedikit menungging supaya bisa terjepret kamera ponsel.

Foto yang kemudian dinamai selfie gorila itu menjadi viral setelah diunggah oleh si pawang Mathieu Shamavu yang merupakan polisi hutan Taman Nasional Virunga di Kongo.

Baca juga: Selfie 2 Gorila dan Pawangnya Diragukan, Ini Tanggapan Taman Nasional Kongo

Diberitakan AP via The Guardian Jumat (26/4/2019), Shamavu mengatakan dia tengah bermain dengan ponselnya ketika menyadari apa yang dilakukan dua gorila betina itu.

Ndakazi dan Ndeze, nama gorila yatim piatu itu, tengah meniru segala tingkah laku Shamavu. Jadi, dia kemudian mengambil foto mereka dan mengunggahnya ke media sosial.

Berdasarkan keterangan taman nasional, Ndakazi dan Ndeze merupakan gorila yatim piatu pertama yang dibawa ke Panti Pengasuhan Gorila Gunung Senkwekwe.

Ndakazi dan Ndeze kehilangan ibu mereka yang mati karena serangan pemburu gelap 12 tahun silam. Hubungan yang dekat dengan pawangnya membuat keduanya mempelajari gerakan mereka.

"Dari segi perilaku, mereka suka untuk meniru segala yang terjadi. Apa pun yang kami lakukan," terang Shamavu yang menambahkan, mereka berusaha membuat gorila itu bertingkah laku layaknya gorila.

Namun karena para penjaga hutan itu hampir menghabiskan waktu mereka untuk memberi makan, bermain, dan menemani mereka, dua gorila itu malah berperilaku mirip seperti manusia.

"Pawang dengan gorila adalah keluarga. Mereka tahu kami seperti ibu bagi mereka. Begitu juga kami menganggap mereka teman dan keluarga," kata kepala pawang Andre Bauma.

Viral disebut sebagai taman nasional paling komplet di Afrika karena menampilkan hutan tropis, gunung bersalju, gunung berapi, hingga rumah bagi gorila gunung.

Manajemen Virunga menerapkan tindakan ketat untuk memastikan setiap pengunjung mereka selamat di tengah konflik yang terjadi di kawasan tersebut.

Para pengunjung dilindungi oleh penjaga hutan elite dengan kemampuan mumpuni, anjing pelacak, serta bekerja sama dengan masyarakat sekitar taman.

Karena itu melalui viralnya selfie gorila tersebut, pengelola taman berharap kehadiran pengunjung bisa meningkat sehingga pemasukan mereka bertambah.

Baca juga: Begini Gaya Dua Gorila Saat Berfoto dengan Penjaga Taman Nasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com