Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Minta Obama Tak Promosikan Dirinya sebagai Calon Presiden

Kompas.com - 25/04/2019, 23:56 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WILMINGTON, KOMPAS.com - Mantan wakil presiden Amerika Serikat Joe Biden, yang baru saja mengumumkan maju dalam pemilihan presiden AS 2020, meminta Barack Obama tidak ikut mempromosikan dirinya.

Tak lama setelah pengumuman Biden, sebuah sumber yang akrab dengan pemikiran Obama mengatakan bahwa mantan presiden itu tidak mendukung sejak awal.

Menurut Biden, dirinya harus berusaha memenangkan nominasi sebagai kandidat presiden dari Partai Demokrat dengan usahanya sendiri.

"Saya meminta (mantan) presiden Obama untuk tidak ikut membantu promosi," kata Biden kepada wartawan di Wilmington, Delaware, Kamis (25/4/2019).

Baca juga: Joe Biden Resmi Umumkan Maju dalam Pilpres AS 2020

"Karena siapa pun yang memenangkan nominasi ini harus memenangkannya dengan kemampuannya sendiri," lanjut politisi berusia 76 tahun itu, dikutip AFP.

Biden menjadi kandidat terbaru yang mengumumkan keikutsertaannya dalam pemilihan calon presiden Partai Demokrat, menjadikan jumlah kandidat menjadi 20 orang.

Biden akan bersaing dengan Senator Bernie Sanders, Elizabeth Warren, dan Kamala Harris, serta beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan mantan anggota kabinet Obama, juga mantan anggota kabinet Obama, Julian Castro.

Kendati baru resmi mengumumkan pencalonan dirinya, namun nama Biden yang telah lama diyakini bakal maju dalam Pilpres AS 2020, disebut telah memimpin survei untuk pemilihan kandidat dari Demokrat.

Saat ditanya apakah dirinya percaya bahwa dia akan menjadi pilihan terbaik Partai Demokrat untuk melawan Presiden Donald Trump dalam pemilu 2020, Biden menolak menjawab. Menurutnya, hal itu hanya bisa diputuskan oleh Partai Demokrat.

Sumber Obama mengatakan, mantan panglima itu senang dengan bakat yang luar biasa dan beragam dalam jajaran kandidat calon presiden Partai Demokrat.

Ditambahkannya, akan lebih baik jika para kandidat sama-sama memaparkan diri mereka sendiri secara langsung kepada para pemilih, dibandingkan meminta dukungan dari pihak lain.

Dilansir BBC, Biden disebut sebagai kandidat Demokrat paling berpengalaman.

Selain sempat menjabat sebagai wakil presiden di era Barack Obama selama dua periode, Biden juga pernah menjabat sebagai senator selama enam masa jabatan. Dia juga sempat maju untuk pemilihan presiden pada 1988 dan 2008.

Biden sempat disebut akan maju lagi pada 2016, tetapi batal terlaksana setelah kematian putranya, Beau, akibat tumor otak.

Baca juga: Trump Ejek Video Permintaan Maaf Biden di Media Sosial

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com