Kompas.com - 25/04/2019, 23:56 WIB

WILMINGTON, KOMPAS.com - Mantan wakil presiden Amerika Serikat Joe Biden, yang baru saja mengumumkan maju dalam pemilihan presiden AS 2020, meminta Barack Obama tidak ikut mempromosikan dirinya.

Tak lama setelah pengumuman Biden, sebuah sumber yang akrab dengan pemikiran Obama mengatakan bahwa mantan presiden itu tidak mendukung sejak awal.

Menurut Biden, dirinya harus berusaha memenangkan nominasi sebagai kandidat presiden dari Partai Demokrat dengan usahanya sendiri.

"Saya meminta (mantan) presiden Obama untuk tidak ikut membantu promosi," kata Biden kepada wartawan di Wilmington, Delaware, Kamis (25/4/2019).

Baca juga: Joe Biden Resmi Umumkan Maju dalam Pilpres AS 2020

"Karena siapa pun yang memenangkan nominasi ini harus memenangkannya dengan kemampuannya sendiri," lanjut politisi berusia 76 tahun itu, dikutip AFP.

Biden menjadi kandidat terbaru yang mengumumkan keikutsertaannya dalam pemilihan calon presiden Partai Demokrat, menjadikan jumlah kandidat menjadi 20 orang.

Biden akan bersaing dengan Senator Bernie Sanders, Elizabeth Warren, dan Kamala Harris, serta beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan mantan anggota kabinet Obama, juga mantan anggota kabinet Obama, Julian Castro.

Kendati baru resmi mengumumkan pencalonan dirinya, namun nama Biden yang telah lama diyakini bakal maju dalam Pilpres AS 2020, disebut telah memimpin survei untuk pemilihan kandidat dari Demokrat.

Saat ditanya apakah dirinya percaya bahwa dia akan menjadi pilihan terbaik Partai Demokrat untuk melawan Presiden Donald Trump dalam pemilu 2020, Biden menolak menjawab. Menurutnya, hal itu hanya bisa diputuskan oleh Partai Demokrat.

Sumber Obama mengatakan, mantan panglima itu senang dengan bakat yang luar biasa dan beragam dalam jajaran kandidat calon presiden Partai Demokrat.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.