Kompas.com - 25/04/2019, 21:24 WIB

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin membuat publik terkejut ketika menyambut Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pertemuan perdana mereka.

Sebabnya sebagaiana diberitakan Yonhap Kamis (25/4/2019), Putin dikenal sebagai pemimpin yang kerap datang terlambat saat bertemu pemimpin dunia lainnya.

Keterlambatan Putin yang legendaris menjadi tajuk berita internasional sejak dia memegang tampuk kekuasaan pada 2000. Paling anyar adalah pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump.

Baca juga: Putin: Ini Permintaan Kim Jong Un jika Ingin Denuklirisasi

Dalam pertemuan mereka di Helsinki, Finlandia, pada Juli 2018 lalu, Trump harus dibuat menunggu hampir selama satu jam sebelum presiden 66 tahun itu datang.

Putin juga pernah membuat Kanselir Jerman Angela Merkel menunggu selama 4 jam 15 menit pada 2014. Kemudian Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye menunggu selama 30 menit di 2013.

Namun dalam pertemuan dengan Kim yang digelar di Universitas Federal Timur Jauh Vladivostok, Putin tak saja datang tepat waktu dalam menyambut tamunya.

Malah, dia datang 30 menit lebih awal. Dia menyambut Kim dengan hangat ketika sang pemimpin muda itu keluar dari limosinnya yang membalas dengan berterima kasih atas undangannya.

"Putin jelas menjalankan tugasnya sebagai tuan rumah meski protokol nampaknya mempersiapkan agenda itu dengan terburu-buru," ujar seorang pengamat kepada Yonhap.

Cerita pertemuan dua kepala negara itu tak berhenti di sana. Gubernur Region Primorye Oleg Kozhemyako berujar, Kim sangat ingin mencoba kuliner Rusia.

"Semua ragam kuliner Rusia bakal kami hidangkan. Kami mungkin akan menawarkan borscht, pangsit. Saya tidak ragu juga menyebut kaviar bakal ada di meja," papar Kozhemyako.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.