Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Kim Jong Un, Putin Datang 30 Menit Lebih Awal

Kompas.com - 25/04/2019, 21:24 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin membuat publik terkejut ketika menyambut Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pertemuan perdana mereka.

Sebabnya sebagaiana diberitakan Yonhap Kamis (25/4/2019), Putin dikenal sebagai pemimpin yang kerap datang terlambat saat bertemu pemimpin dunia lainnya.

Keterlambatan Putin yang legendaris menjadi tajuk berita internasional sejak dia memegang tampuk kekuasaan pada 2000. Paling anyar adalah pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump.

Baca juga: Putin: Ini Permintaan Kim Jong Un jika Ingin Denuklirisasi

Dalam pertemuan mereka di Helsinki, Finlandia, pada Juli 2018 lalu, Trump harus dibuat menunggu hampir selama satu jam sebelum presiden 66 tahun itu datang.

Putin juga pernah membuat Kanselir Jerman Angela Merkel menunggu selama 4 jam 15 menit pada 2014. Kemudian Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye menunggu selama 30 menit di 2013.

Namun dalam pertemuan dengan Kim yang digelar di Universitas Federal Timur Jauh Vladivostok, Putin tak saja datang tepat waktu dalam menyambut tamunya.

Malah, dia datang 30 menit lebih awal. Dia menyambut Kim dengan hangat ketika sang pemimpin muda itu keluar dari limosinnya yang membalas dengan berterima kasih atas undangannya.

"Putin jelas menjalankan tugasnya sebagai tuan rumah meski protokol nampaknya mempersiapkan agenda itu dengan terburu-buru," ujar seorang pengamat kepada Yonhap.

Cerita pertemuan dua kepala negara itu tak berhenti di sana. Gubernur Region Primorye Oleg Kozhemyako berujar, Kim sangat ingin mencoba kuliner Rusia.

"Semua ragam kuliner Rusia bakal kami hidangkan. Kami mungkin akan menawarkan borscht, pangsit. Saya tidak ragu juga menyebut kaviar bakal ada di meja," papar Kozhemyako.

Borscht merupakan sejenis sup dengan bahan utama umbi bit yang jamak dijumpai di Eropa Timur maupun Asia Utara. Prediksi Kozhemyako menjadi kenyataan.

Dilansir Washington Post, borscht menjadi hidangan utama bersama dengan daging rusa, pangsit, salad kepiting, fillet ikan cod yang disiram saus dill, dan daging Khabarovsk dengan terong dalam acara makan malam.

Untuk pencuci mulut, Kim mendapat tawaran dua jenis wine dan kue cokelat serta karamel. Kim juga dijamu dengan kaviar dan berkesempatan mengunjungi pabrik roti.

Berdasarkan laporan Interfax, Putin dan Kim disuguhi penampilan tari Cossack dan mendengarkan lagu klasik seperti Ochi Chyornye, serta penampilan Swan Lake's Ballet.

Baca juga: Dalam Pertemuan Bersejarah, Ini yang Dibicarakan Putin dan Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com