Kompas.com - 25/04/2019, 11:52 WIB

COLOMBO, KOMPAS.com - Identitas salah satu pelaku bom bunuh diri yang melakukan aksinya pada Minggu Paskah (21/4/2019) diungkapkan oleh salah satu sumber keamanan.

Dikatakan sumber keamanan itu sebagaimana diwartakan Sky News Rabu (24/4/2019), pelaku bom bunuh diri itu bernama Abdul Lathief Jameel Mohamed.

Mohamed diyakini pernah menempuh pendidikan di sebuah perguruan tinggi kawasan tenggara Inggris antara 2006-2007. Kemudian dia mengambil pasca-sarjana di Australia sebelum menetap di Sri Lanka.

Baca juga: Buru Pelaku Teror Bom, Sri Lanka Kerahkan Ribuan Pasukan

Mohamed merupakan satu dari sembilan teroris yang meledakkan diri di delapan tempat yang menewaskan 359 orang, termasuk delapan warga Inggris, dan melukai lebih dari 500 orang.

Dalam konferensi pers, Menteri Pertahanan Ruwan Wijewardene mengatakan sembilan pelaku, delapan di antaranya telah teridentifikasi, berpendidikan tinggi dan berasal dari keluarga kaya.

Salah satunya adalah Insan Seelavan. Pelaku yang melakukan aksinya di Hotel Shangri-La itu dilaporkan merupakan pemilik dari sebuah pabrik di Sri Lanka.

Kemudian satu dari sembilan pelaku diidentifikasi merupakan seorang perempuan yang meledakkan diri ketika polisi menyerbu rumah. Perempuan itu diduga sebagai istri salah satu pelaku.

Sejauh ini, polisi menyatakan sudah menangkap 60 orang yang merupakan warga negara Sri Lanka, dengan 32 di antaranya masih mendekam di tahanan.

Ketegangan begitu terasa di negara Asia Selatan dengan polisi dilaporkan meledakkan sebuah motor yang dianggap mencurigakan di ibu kota Colombo Rabu pagi waktu setempat.

Selasa (23/4/2019), Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe mengakui intelijen mempunyai informasi yang bisa menyelamatkan banyak nyawa jika saja diserahkan kepada dirinya.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Sky News


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.