Kompas.com - 22/04/2019, 17:04 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pukul 08.30 waktu setempat ketika Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad tiba di Yayasan Albukhary di Kuala Lumpur Jumat pekan lalu (19/4/2019).

Di sana sudah menunggu kerumunan yang menyambut PM berjuluk Dr M itu. Setelah ajudannya membetulkan mikrofon, dia berjalan ke arah sofa dan tersenyum ke arah hadirin.

Baca juga: Jokowi Sebut Mahathir hingga Erdogan Telepon Ucapkan Selamat

"Saya tahu, tentunya Anda semua berada di sini untuk menginterogasi saya," kata Mahathir dengan tersenyum seperti dilansir The Star via Asia One Senin (22/4/2019).

Mahathir menuai decak kagum karena di usianya yang menginjak 93 tahun, 94 pada 10 Juni nanti, dia tetap tampil prima, tak kenal lelah, dan enerjik di depan umum.

PM yang kembali berkuasa setelah terpilih pada Mei 2018 itu masih mampu menyampaikan pidato selama berjam-jam dan terus bekerja hingga larut malam.

Fisiknya yang masih prima meski usianya di amabang satu abad tentu menimbulkan pertanyaan. Apa rahasia utama Mahathir dia mampu mempertahankan performa?

"Kurangilah tidur dan banyaklah beraktivitas," kata PM dari koalisi Pakatan Harapan tersebut. Menurut Mahathir, kurang aktivitas bisa membuatnya lemah.

Maupun ketika tidur juga bakal memperlemahnya. "Ketika Anda berolahraga, Anda menggunakan seluruh otot. Namun saat berbaring, Anda seperti melemah," terangnya.

Saat ditanya berapa lama dia tidur, Mahathir menjawab sebisa mungkin dia mencoba tidur pada pukul 23.00 hingga 06.00. Namun kenyataannya tidak semudah itu.

"Sering saya pulang ke rumah pada pukul 02.00 dini hari. Saya hanya mempunyai waktu tidur sedikit sebelum kembali bekerja pagi harinya," papar Mahathir.

Mahathir menjelaskan jika dia terlalu banyak beristirahat dan tidak memikirkan sebuah masalah maupun cara menemukan solusinya, maka otaknya bakal kemampuan.

Dia mengaku sering melupakan kata-kata yang hendak dia tulis karena faktor usia. "Biasanya saya bakal menggantinya dengan kata lain. Namun, Anda tak perlu menua lebih cepat karena terlalu banyak beristirahat," tukasnya.

Baca juga: Mahathir: Malaysia Belum Butuh Kereta Cepat Kuala Lumpur-Singapura

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Asia One
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.