Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghadiri Pesta, Wanita Ini Ditembak Mati Para Penculik di Nigeria

Kompas.com - 22/04/2019, 13:18 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KADUNA, KOMPAS.com - Seorang wanita berkewarganegaraan Inggris dilaporkan tewas dibunuh oleh kelompok bersenjata dalam kejadian di kawasan utara Nigeria.

Faye Mooney bekerja bagi sebuah organisasi non-pemerintah bernama Mercy Corps, dan berkunjung ke Kaduna dari Lagos sebagai turis dan tengah menghadiri sebuah pesta.

Baca juga: Saat Tidur, Pemimpin Ku Klux Klan di AS Ditembak Mati Sang Istri

Juru bicara Kepolisian Negara Bagian Kaduna kepada The Independent Minggu (21/4/2019), saat di pesta, Mooney ditembak mati oleh para penculik dalam kejadian Jumat malam (19/4/2019).

"Para penculik itu memasuki resor bernama Kastil Kajuru di area pemerintah lokal dan melepaskan tembakan secara sporadis, menewaskan dua orang," terang juru bicara polisi.

Selain Mooney, seorang warga negara Nigeria juga menjadi korban tewas. Kantor Komisi Tinggi Inggris menyatakan, penculik juga membawa tiga orang lainnya.

Dilansir Sky News, dalam keterangan tertulisnya Mercy Corps menyatakan hati mereka sangat terluka dengan peristiwa yang menimpa perempuan 29 tahun itu.

Mercy Corps menjelaskan, Mooney merupakan seorang anggota yang berdedikasi dan berkomitmen selama dua tahun terakhir. "Hati kami benar-benar sakit," ujar organisasi tersebut.

Mooney diketahui merupakan lulusan University College dan London School Economics yang sempat bekerja di Kosovo untuk menangkal perdagangan manusia.

"Faye mendedikasikan waktunya untuk membuat perbedaan di Nigeria, mendukung kami dan komunitas dalam menangkal setiap kekerasan maupun ujaran kebencian," kata Mercy Corps.

Sementara Kantor Komisi Tinggi Inggris menuturkan mereka sudah memberi tahu keluarga Mooney. "Kami berbelasungkawa kepada keluarga dan rekan di masa sulit ini."

Hingga saat ini, belum ada kelompok maupun individu yang mengklaim bertanggung jawab dalam serangan yang biasanya menyasar turis untuk dimintai tebusan.

Nigeria bagian utara disibukkan dengan kekerasan dan pemberontakan yang biasanya dilakukan oleh kelompok Boko Haram maupun Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Baca juga: Dua Peramal di Korut Dikabarkan Ditembak Mati di Depan Umum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com