Kompas.com - 20/04/2019, 22:09 WIB

PRISTINA, KOMPAS.com - Kosovo telah memulangkan sebanyak 110 warganya dari Suriah, Sabtu (20/4/2019).

Kelompok warga yang dipulangkan tersebut sebagian besar adalah ibu-ibu bersama anak-anak mereka, yang biasanya mengikuti pasangan mereka ke Suriah atau Irak untuk bergabung dengan kelompok ekstremis.

Meski demikian, ada empat pria yang juga dipulangkan, diduga merupakan anggota asing ISIS, yang langsung didakwa setibanya di Pristina, ibu kota Kosovo.

"Keempat orang diduga anggota ISIS itu didakwa telah ikut serta dalam konflik asing," kata kepala jaksa Aleksander Lumezi kepada wartawan, dikutip AFP.

Baca juga: Pria Singapura Dituduh Danai Publikasi Propaganda ISIS

Kedutaan besar AS di Pristina menyambut baik langkah Kosovo, sebuah negara bekas provinsi di Serbia, dengan penduduk 1,8 juta jiwa dan 90 persen penganut agama Islam.

"Dengan pemulangan ini, Kosovo telah menjadi contoh penting bagi negara anggota koalisi global yang mengalahkan ISIS, maupun komunitas internasional, untuk mengikuti langkah ini," kata kedutaan besar AS dalam pernyataannya.

Kosovo menjadi salah satu negara di Eropa yang paling banyak jumlah warganya bergabung dengan kelompok ekstremis di Irak dan Suriah.

"Dini hari ini, sebuah operasi yang sangat sensitif dan penting telah dilakukan dengan bantuan AS, di mana pemerintah Kosovo, memulangkan 110 warganya dari zona perang di Suriah," ujar Menteri Kehakiman Kosovo, Abelard Tahiri.

Tercatat ada sekitar 300 warga Kosovo yang diketahui berangkat ke Suriah maupun Irak untuk bergabung dengan kelompok ISIS, menurut data Kementerian Dalam Negeri.

Dari jumlah tersebut, sekitar 70 orang dilaporkan tewas dan sekitar 120 orang telah kembali, dengan sebagian besar ditahan segera setelah tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.