Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Kamis Putih, Paus Fransiskus Basuh dan Cium Kaki 12 Napi

Kompas.com - 19/04/2019, 13:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Al Jazeera

ROMA, KOMPAS.com - Rangkaian Tri Hari Suci Paskah dimulai dengan memperingati Kamis Putih (18/4/2019). Yakni ketika Yesus Kristus membasuh kaki para murid dan mengadakan Perjamuan Terakhir.

Paus Fransiskus dilaporkan memperingati Kamis Putih dengan membasuh serta mencium kaki 12 orang narapidana di Penjara Velletri, di luar ibu kota Italia, Roma.

Baca juga: Misa Kamis Putih, Paus Fransiskus Basuh Kaki Para Penyandang Disabilitas

Diberitakan Al Jazeera, dalam pembasuhan itu Paus Fransiskus meminta kepada para napi untuk menghindari hukum rimba, dan mengingatkan pentingnya membantu satu sama lain.

Tindakan mencuci dan mencium kaki para tahanan merupakan yang kelima dilakukan Paus asal Argentina itu sejak dia menjaba sebagai Pemimpin Gereja Katolik pada 2013.

Pendahulu Paus Fransiskus biasanya memperingati Kamis Putih dengan membasuh kaki 12 imam dan berlokasi di salah satu basilika yang terletak di Kota Roma.

Namun sejak menggantikan Paus Benediktus XVI, Paus Fransiskus memindahkan pelayanan itu ke penjara, pusat penampungan migran, hingga rumah bagi lanjut usia.

Kepada para napi, Fransiskus mengatakan ketika di masa Yesus, tugas mencuci kaki tamu biasanya diserahkan kepada budak atau pelayanan hingga Yesus sendiri yang melakukannya.

"Inilah aturan Yesus, aturan dari Injil. Ini merupakan aturan baru dalam pelayanan, bukan sebuah bentuk upaya mempermalukan atau menguasai," tegasnya.

Paus Fransiskus menegaskan, dia meminta kepada yang kuat untuk melayani yang lemah. Setiap orang yang merasa dirinya kuat harus mejadi pelayan bagi sesamanya.

Vatikan menyatakan di antara 12 napi yang dibasuh kakinya oleh Paus Fransiskus, sembilan di antaranya adalah warga Italia, kemudian satu dari Brasil.

Adapun dua napi sisanya masing-masing berasal dari Benua Afrika, yakni Maroko serta Pantai Gading. Vatikan tidak merilis agama dari para napi tersebut.

Pada perayaan Jumat Agung waktu setempat (19/4/2019), Paus Fransiskus bakal memimpin Via Crucis (Jalan Salib) dengan mengeliingi Colosseum Roma.

Baca juga: Paus Fransiskus Cium Kaki Presiden dan Oposisi Sudan Selatan, Ada Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com