Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon Benarkan Korea Utara Telah Gelar Uji Coba Senjata

Kompas.com - 19/04/2019, 11:59 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Fox News

WASHINGTON, KOMPAS.com - Korea Utara dikabarkan telah menggelar uji coba peluncuran senjata dengan diawasi langsung oleh Kim Jong Un.

Kabar tersebut ternyata juga telah dikonfirmasi oleh Pentagon, yang menyebut uji coba peluncuran itu digelar pada Rabu (17/4/2019) lalu.

Konfirmasi tersebut pertama kali disampaikan Penjabat Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan kepada wartawan di Pentagon.

Kendati mengakui adanya uji coba peluncuran oleh Korea Utara, namun Shanahan tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Akan tetapi, Shanahan menegaskan bahwa uji coba peluncuran itu tidak melibatkan persenjataan balistik dan tidak sampai memicu reaksi dari operasi militer AS. Demikian diberitakan Fox News.

Baca juga: Kim Jong Un Awasi Uji Coba Senjata Terbaru dan Sangat Kuat Korut

Diberitakan sebelumnya, Korea Utara untuk kali pertama sejak pertemuan tingkat tinggi antara Kim Jong Un dengan Presiden AS Donald Trump di Hanoi, telah kembali melakukan uji coba persenjataan.

Dilansir media pemerintah Korea Utara, KCNA, uji coba yang dilakukan termasuk simulasi peluncuran dengan berbagai target berbeda.

Uji coba dilakukan dengan diawasi langsung oleh pemimpin tertinggi dan Kim Jong Un menyebut momen itu menjadi hal yang penting dalam peningkatan kemampuan tempur pasukan militer Korea Utara.

KCNA juga tidak memberikan detail tentang jenis senjata yang diluncurkan dalam uji coba tersebut. Hanya saja diterangkan bahwa senjata tersebut merupakan senjata kendali jarak jauh yang dapat diisi dengan "hulu ledak sangat kuat".

Setiap ada rudal maupun senjata yang diluncurkan Pyongyang, AS maupun Korea Selatan yang secara intens memantau Korut bisa langsung melacaknya. Namun baru AS yang memberikan komentar akan klaim Korut.

Sebelumnya, organisasi pengawasan, Pusat Studi Internasional dan Strategis (CSIS) telah menyatakan akan adanya aktivitas pada fasilitas nuklir dan peluncuran milik Korea Utara.

Berdasarkan hasil citraan satelit, aktivitas pengangkutan terdeteksi di pusat peluncuran roket di Sohae dan fasilitas pengayaan nuklir di Yongbyon.

Baca juga: Aktivitas Kembali Terdeteksi di Situs Nuklir Korea Utara, Yongbyon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com