Kompas.com - 18/04/2019, 21:28 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin saat berkunjung ke Rusia pada akhir bulan ini.

Kepastian kunjungan tersebut disampaikan Kremlin dalam sebuah pernyataan resmi di situs resminya, meski tidak menyebutkan tanggal pasti pertemuan tersebut.

"Menyusul undangan dari Vladimir Putih, Kim Jong Un akan mengunjungi Rusia pada parus kedua April ini," kata Kremlin dalam pernyataannya, Kamis (18/4/2019).

Sejumlah media, termasuk dari Rusia, Korea Selatan, maupun Jepang dalam laporannya menyebut pertemuan kemungkinan akan digelar di Timur Jauh Rusia.

Sementara sebelumnya, seorang pejabat tinggi Korut, Kim Chang Son diketahui tengah melakukan perjalanan ke Moskwa dan Vladivostok.

Baca juga: Kim Jong Un Diyakini Bakal Berkunjung ke Rusia dalam Waktu Dekat

Kunjungan Kim Chang Son, yang disebut sebagai tangan kanan Kim Jong Un, dikatakan untuk membicarakan rencana perjalanan penting pemimpin tertinggi Korea Utara ke Rusia.

Dilansir Yonhap News, Kim Chang Son, sekretaris utama komisi urusan luar negeri Korea Utara, yang bertanggung jawab dalam urusan protokol untuk Kim Jong Un, telah mengunjungi Rusia pada Maret lalu.

Dia berada lima hari di Moskwa melalui Beijing, sebelum kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalur udara ke Vladivostok pada 23 Maret lalu.

Kunjungan ke kawasan Timur Jauh Rusia itu diperkirakan untuk meninjau calon lokasi pertemuan puncak Kim Jong Un dengan Putin.

Putin dikabarkan pernah melayangkan undangan kepada Kim Jong Un untuk berkunjung ke Rusia pada Juni tahun lalu, usai pertemuan puncak pertama Kim dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura.

Kim Jong Un belum pernah sekalipun menjejakkan kakinya ke Rusia. Berbeda dengan sang ayah, Kim Jong Il, yang pernah menggunakan kereta api lapis bajanya, menemui Presiden Rusia Dmitry Medvedev pada 2011.

Dalam jajaran pejabat tinggi Rusia, baru Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov yang pernah bertemu Kim Jong Un saat berkunjung ke Pyongyang pada akhir Mei tahun lalu.

Baca juga: Putin Undang Kim Jong Un Berkunjung ke Rusia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.