Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kremlin: Kim Jong Un Akan Bertemu Putin di Rusia Bulan Ini

Kompas.com - 18/04/2019, 21:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin saat berkunjung ke Rusia pada akhir bulan ini.

Kepastian kunjungan tersebut disampaikan Kremlin dalam sebuah pernyataan resmi di situs resminya, meski tidak menyebutkan tanggal pasti pertemuan tersebut.

"Menyusul undangan dari Vladimir Putih, Kim Jong Un akan mengunjungi Rusia pada parus kedua April ini," kata Kremlin dalam pernyataannya, Kamis (18/4/2019).

Sejumlah media, termasuk dari Rusia, Korea Selatan, maupun Jepang dalam laporannya menyebut pertemuan kemungkinan akan digelar di Timur Jauh Rusia.

Sementara sebelumnya, seorang pejabat tinggi Korut, Kim Chang Son diketahui tengah melakukan perjalanan ke Moskwa dan Vladivostok.

Baca juga: Kim Jong Un Diyakini Bakal Berkunjung ke Rusia dalam Waktu Dekat

Kunjungan Kim Chang Son, yang disebut sebagai tangan kanan Kim Jong Un, dikatakan untuk membicarakan rencana perjalanan penting pemimpin tertinggi Korea Utara ke Rusia.

Dilansir Yonhap News, Kim Chang Son, sekretaris utama komisi urusan luar negeri Korea Utara, yang bertanggung jawab dalam urusan protokol untuk Kim Jong Un, telah mengunjungi Rusia pada Maret lalu.

Dia berada lima hari di Moskwa melalui Beijing, sebelum kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalur udara ke Vladivostok pada 23 Maret lalu.

Kunjungan ke kawasan Timur Jauh Rusia itu diperkirakan untuk meninjau calon lokasi pertemuan puncak Kim Jong Un dengan Putin.

Putin dikabarkan pernah melayangkan undangan kepada Kim Jong Un untuk berkunjung ke Rusia pada Juni tahun lalu, usai pertemuan puncak pertama Kim dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura.

Kim Jong Un belum pernah sekalipun menjejakkan kakinya ke Rusia. Berbeda dengan sang ayah, Kim Jong Il, yang pernah menggunakan kereta api lapis bajanya, menemui Presiden Rusia Dmitry Medvedev pada 2011.

Dalam jajaran pejabat tinggi Rusia, baru Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov yang pernah bertemu Kim Jong Un saat berkunjung ke Pyongyang pada akhir Mei tahun lalu.

Baca juga: Putin Undang Kim Jong Un Berkunjung ke Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com