Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump dan Dewi Laut Jadi Alasan Pria Terkaya Taiwan Ini Maju "Nyapres"

Kompas.com - 18/04/2019, 17:52 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN

TAIPEI, KOMPAS.com - Pria terkaya Taiwan Terry Gou telah memantapkan niatnya untuk maju menjadi kandidat presiden. Dia mengungkapkan alasan mengapa dia mencalonkan diri.

Chairman raksasa manufaktur elektronik Foxconn itu menyatakan sang Dewi Laut Mazu telah "memintanya" untuk maju dalam pemilihan presiden dari Partai Kuomintang.

"Dewi Laut Mazu telah meminta saya untuk maju dan bertindak sesuatu bagi rakyat Taiwan," kata Gou kepada media lokal seperti dikutip CNN Kamis (18/4/2019).

Baca juga: Pendiri Sekaligus Bos Foxconn Mundur Setelah 45 Tahun Memimpin

Taipan dengan kekayaan 8 miliar dollar AS, sekitar Rp 112,3 triliun. itu mengumumkan pencalonannya setelah mengunjungi kuil dewi pelindung para pelaut itu di Taipei.

Mengenakan rompi merah terang dan topi bisbol bergambar bendera Taiwan, Gou mengatakan Mazu telah memberikan berkat kepadanya untuk mencalonkan diri.

Dia menjelaskan ketika dewi Taoisme itu telah memintanya maju, itu berarti kiprahnya tidak sekadar untuk menciptakan keuntungan atau kenikmatan pribadi.

Kepada awak media, Gou menyatakan dirinya laksana anak dari Mazu. "Saya tentu saja bakal menghormati dan mengikuti segala keputusan Mazu," tegas dia.

Selain Mazu, sosok lain yang menjadi inspirasi miliuner 68 tahun itu dalam mencoba kiprah di dunia politik adalah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Berdasarkan sejumlah laporan media setempat, pendiri dan bos Foxconn itu terinspirasi setelah melihat kemenangan Trump di Pemilu Presiden AS 2016.

Jika Gou terpilih dalam pemilihan awal Kuomintang, dia bakal bertarung dengan petahana Presiden Tsai Ing-wen dalam pilpres yang bakal berlangsung 11 Januari 2020 mendatang.

Margaret Lewis, pakar Taiwan dari Jurusan Hukum Universitas Seton Hall menuturkan keputusan Gou untuk maju sebagai kandidat tidak bisa diremehkan.

"Meski dia mempunyai kekurangan di bidang politik, populisme adalah senjata yang sangat kuat. Jadi, pencalonannya tidak bisa dianggap sepele," kata Lewis.

Pakar Taiwan dari Unversitas California Irvine, Lev Nachman, menyebut Gou mempunyai satu faktor kunci yang sangat dibutuhkan Kuomintang: pendanaan.

"Terry Gou adalah pengusaha paling kaya di Taiwan. Tentunya dia mampu untuk membiayai kampanyenya sendiri. Tentu bagi Kuomintang itu keputusan besar," papar Nachman.

Foxconn merupakan manufaktur elektronik terbesar dunia yang menyediakan bagian ponsel terkenal di Bumi ini seperti Apple, Huawei, maupun merek lain.

Baca juga: Foxconn Resmi Bangun Pabrik di Amerika Serikat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com