Kompas.com - 18/04/2019, 13:15 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Dua pemuda Italia diwajibkan membayar denda sebesar total 27 juta euro (sekitar Rp 427 miliar) oleh pengadilan setelah dinyatakan bersalah menyebabkan kebakaran hutan pada akhir Desember tahun lalu.

Kedua pemuda tersebut, yang berusia 22 tahun, telah bersalah menyebabkan kebakaran hutan yang disebabkan bara dari barbekyu yang dinyalakan keduanya saat bersama teman-temannya di dekat Danau Como, Italia utara pada 30 Desember, untuk merayakan tahun baru.

Hasil temuan investigasi menemukan bahwa bara api dari barbekyu itulah yang kemudian menyebabkan kebakaran yang menghanguskan hingga 1.000 hektar lahan hutan.

Kebakaran juga diketahui menghancurkan beberapa bangunan, termasuk satu di antaranya yang menyebabkan sejumlah hewan peliharaan mati. Demikian diberitakan harian La Repubblica.

Baca juga: Rumah-rumah di Kota Italia Ini Dijual Seharga Rp 16.000, Tertarik?

Dilansir AFP, besaran denda yang dijatuhkan kepada kedua pemuda tersebut telah melalui perhitungan sesuai dengan rumus yang disahkan satu dekade lalu untuk menentukan hukuman finansial berdasarkan skala kerusakan akibat kebakaran.

Salah satu pemuda, mengatakan bahwa mereka berdua telah menjadi "kambing hitam" atas musibah kebakaran tersebut.

Berbicara kepada surat kabar Italia, La Stampa, dia mengaku meminta maaf atas insiden kebakaran yang terjadi, namun dia mengatakan bahwa ada banyak sumber yang bisa menyebabkan kebakaran.

"Kami hanya menjadi kambing hitam atas insiden kebakaran yang tidak bisa dijelaskan. Kami adalah korban sesungguhnya."

Tidak jelas bagaimana kedua pemuda itu diharapkan akan membayar denda. Namun pihak pengacara masih memiliki waktu tiga pekan untuk mengajukan banding terkait putusan denda di pengadilan administratif.

Kebakaran yang melanda hutan di Monte Berlinghera pada akhir Desember lalu itu berlangsung selama beberapa hari dan menghanguskan lahan seluas 1.000 hektar.

Baca juga: Kebakaran Hutan di China, Sudah 24 Orang Tewas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC,AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.