Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Israel Tunjuk Netanyahu untuk Susun Pemerintahan Baru

Kompas.com - 18/04/2019, 12:11 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEL AVIV, KOMPAS.com - Presiden Israel Reuven Rivlin, pada Rabu (17/4/2019), resmi menyerahkan surat penunjukkan kepada Benjamin Netanyahu untuk mulai menyusun pemerintahan koalisi yang baru.

Penunjukkan tersebut menyusul hasil konsultasi presiden dengan partai-partai peserta pemilihan umum yang telah dilangsungkan pekan lalu.

Dalam seremoni yang disiarkan televisi, Presiden Rivlin menyerahkan surat penunjukkan kepada Netanyahu dan mengatakan bahwa sebagian besar parlemen terpilih merekomendasikan dirinya.

"Sebanyak 65 dari 120 anggota parlemen telah merekomendasikan Anda," ujar Rivlin kepada Netanyahu.

Baca juga: Pekan Depan, Presiden Israel Mulai Gelar Konsultasi Partai Politik

Sementara pesaingnya dalam pemilu, Benny Gantz dari Aliansi Biru Putih hanya mendapat dukungan dari 45 anggota dan 10 anggota dari partai Arab memilih tidak merekomendasikan satu pun dari kedua calon.

Penunjukkan Netanyahu tidak lepas dari keunggulan partai sayap kanan, termasuk Partai Likud yang dipimpinnya, dalam pemilihan umum yang dilangsungkan 9 April lalu.

Usai menerima surat penunjukkan, Netanyahu menyampaikan janjinya untuk melayani semua warga Israel, lawan maupun pendukung.

"Ini adalah kelima kalinya saya mengambil tugas menyusun pemerintahan Israel. Tidak ada hak istimewa yang lebih besar dalam kehidupan demokratis," ujar Netanyahu, dikutip AFP.

"Saya sangat sadar akan besarnya tanggung jawab yang diletakkan di pundak saya dan akan bertindak sebagai utusan dari semua orang, mereka yang memilih saya maupun yang tidak," tambahnya.

Usai penunjukkan tersebut, Netanyahu kini memiliki waktu 28 hari untuk menyusun pemerintahan Israel yang baru, dengan kemungkinan perpanjangan dua minggu.

Penunjukkan tersebut sekaligus menempatkan Netanyahu ke jalur untuk menjadi perdana menteri Israel paling lama menjabat, bahkan melampaui pendiri negara, David Ben-Gurion.

Baca juga: Partai Sayap Kanan Unggul, Netanyahu Berpeluang Menangi Pemilu Israel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com