Disney Janjikan Donasi Rp 70 Miliar untuk Pembangunan Kembali Notre Dame

Kompas.com - 17/04/2019, 23:40 WIB
Walt Disney Walt Disney

PARIS, KOMPAS.com - Donasi untuk proyek pembangunan kembali Gereja Notre Dame yang bersejarah pascadilanda kebakaran terus mengalir.

Selain dari para pengusaha super kaya asal Perancis, donasi juga datang dari luar negeri, baik pemerintahan maupun perusahaan.

Salah satu perusahaan besar yang baru saja mengumumkan rencana donasinya adalah The Walt Disney Company, perusahaan animasi yang pada 1996 sempat merilis film berjudul "The Hunchback of Notre Dame".

Perusahaan Disney menjanjikan akan mendonasikan dana sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 70 miliar untuk mengembalikan bangunan katedral berusia 850 tahun itu seperti semula.

"Notre Dame adalah mercusuar harapan dan keindahan yang telah menggambarkan hati Paris dan jiwa Perancis selama berabad-abad."

Baca juga: Donasi untuk Bangun Kembali Notre Dame Hampir Capai Rp 7,9 Triliun

"Notre Dame telah menginspirasi kekaguman dan penghormatan terhadap seni dan arsitekturnya, serta untuk tempat yang abadi dalam sejarah umat manusia," kata Kepala Eksekutif Disney, Bob Iger dalam pernyataannya, Rabu (17/4/2019).

"Perusahaan Walt Disney akan mendukung bersama teman-teman dan tetangga kami di komunitas, dan menawarkan dukungan tulus kami serta sumbangan 5 juta dollar untuk pemulihan karya agung yang tak tergantikan itu," lanjutnya.

Pada 1996, Disney merilis film animasi "The Hunchback of Notre Dame" yang berdasarkan novel karya Victor Hugo, mengisahkan Quasimodo, Esmeralda, dan Frollo. Film ini meraup 325 juta dollar dari hasil penjualan tiketnya di seluruh dunia.

Selain Disney, sebelumnya CEO Apple Tim Cook, juga mengumumkan janji untuk memberikan bantuan dengan jumlah yang tidak ditentukan.

Sementara Henry Kravis, salah satu pendiri dana investasi KKR dan istrinya Marie-Josee Kravis menjanjikan bantuan 10 juta dollar AS (sekitar Rp 140 miliar) untuk Notre Dame.

Universitas Notre Dame di Indiana juga telah menjanjikan memberikan bantuan senilai 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Baca juga: Notre Dame Bakal Lebih Cantik dari Sebelumnya




Close Ads X