Di TPS 001 Swiss, Pasangan Jokowi-Ma'ruf Ungguli Prabowo-Sandi

Kompas.com - 17/04/2019, 16:25 WIB
Suasana penghitungan suara di TPS 001 di Bern, Swiss.Kompas.com/Krishna Dianta Suasana penghitungan suara di TPS 001 di Bern, Swiss.

BERN, KOMPAS.com - Cuaca dingin yang mencengkeram kota Bern tidak mengurangi kehangatan dalam prosesn penghitungan suara TPS 001 Bern, Swiss, Rabu (17/4/2019).

April yang belum menghangatkan Swiss, membuat panitia, pengunjung hingga saksi penghitungan suara ini, terpaksa harus berbalut jaket tebal.

Namun dinginnya cuaca itu berbeda seratus delapan puluh derajat di dua ruangan penghitungan suara.

Baca juga: Diwarnai Makan Bakso, Pencoblosan di KBRI Swiss Berjalan Lancar

Baik penghitungan suara untuk surat suara yang dicoblos langsung yang dilaksanakan di halaman depan KBRI Bern, juga di lantai bawah tanah ruang serba guna suasananya cukup hangat.

Bahkan senda gurau memendar ketika ada surat suara yang dianggap tidak sah. Jika salah coblos atau terdapat coretan tinta, pendukung pasangan capres terdengar menarik nafas panjang. 

Gelak tawa kemudian muncul jika terdapat surat suara yang digunting. Atau ketika petugas yang membacakan jumlah suara keseleo lidahnya.

Ada sedikitnya 50-an pengunjung dalam penghitungan suara kali ini. Pendukung pasangan nomer satu, Joko Widodo-Ma'ruf Amin tampak mendominasi.

Seperti tahun sebelumnya, penghitungan suara hasil pencoblosan langsung di TPS 001 Bern dimenangkan pasangan Jokowi dan Amin, yakni dengan 153 suara . Sementara Parbowo Sandi hanya mendulang suara 52.

Wajah para pendukung Prabowo Sandi tampak lesu mengetahui hasil penghitiungan suara pencoblosan langsung ini.  Padahal, sebelumnya, mereka masih tampak berseri-seri dan yakin akan mendulang kemenangan.

Baca juga: Dibanding 5 Tahun Lalu, Jumlah WNI di Swiss yang Masuk DPT Meningkat

Pada pencoblosan yang digelar pada 13 April lalu, mereka juga optimis kali ini pasangan ini akan menoreh sejarah.

Hingga berita ini ditulis, penghitungan suara masih berlangsung. Setidaknya, penghitungan surat suara lewat pos untuk menghitung surat suara untuk pemilihan capres dan wapres.




Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X