Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandidat Unggulan Presiden Ukraina Didesak Jawab Pertanyaan Media

Kompas.com - 16/04/2019, 23:33 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

KIEV, KOMPAS.com - Sejumlah media utama Ukraina pada Selasa (16/4/2019), mendesak kepada salah satu kandidat presiden, Volodymyr Zelensky, untuk menjawab pertanyaan mereka menjelang pemungutan suara putaran kedua.

Zelensky, seorang aktor komedia berusia 41 tahun, yang terbilang pemula di dunia politik, diyakini bakal meraih kemenangan dalam pemilihan presiden Ukraina, berhadapan dengan kandidat petahana, Petro Poroshenko.

Namun Zelensky, yang mengklaim sengaja menghindari kampanye konvensional melalui media massa dan memilih menggunakan media sosial, termasuk Youtube, didesak untuk mau bertemu dan menjawab pertanyaan dari media.

"Buktikan bahwa prinsip-prinsip keterbukaan dan transparansi yang Anda sampaikan tak sekadar omong kosong," tulis sebuah surat terbuka yang ditandatangani oleh sekitar 20 media massa Ukraina.

Baca juga: Komedian Ungguli Petahana pada Pilpres Ukraina Putaran Pertama

"Para pembaca, pemirsa, dan pendengar kami telah mengajukan banyak pertanyaan tentang Anda yang tidak bisa kami jawab karena kami belum pernah berbicara secara langsung dengan Anda," lanjut surat itu, seperti dikutip AFP.

"Tugas profesional kami sebagai jurnalis adalah membawa informasi penting kepada publik dan karena Anda mengabaikan permintaan wawancara kami, kami tidak dapat memenuhi tugas tersebut," tulis surat tersebut.

Zelensky sempat melakukan wawancara terbatas dengan media nasional dan internasional di masa kampanye, namun kini lebih banyak diam sejak menempati peringkat pertama dalam pemungutan suara putaran pertama akhir bulan lalu.

Kritik mengatakan, Zelensky tak memiliki pengalaman berpolitik maupun memimpin, apalagi sebuah negara yang sedang dilanda krisis ekonomi dan memerangi kelompok separatis.

Sejauh ini, pengalaman politik yang dimiliki Zelensky hanya sebatas perannya dalam sebuah tayangan acara televisi populer, di mana dia memerankan tokoh presiden Ukraina.

Kendati demikian, dukungan yang ditunjukkan warga Ukraina kepada Zelensky tidak main-main. Banyak yang kemudian menilai jika Zelensky bisa menjadi angin segar dalam dunia politik Ukraina yang telah kehilangan kepercayaan publik.

Akhir pekan lalu, saat seharusnya kedua kandidat presiden bertemu dalam agenda debat, Zelensky memilih tidak hadir, membuat Poroshenko berdebat dengan podium kosong.

Sementara sebuah survei yang diterbitkan pada Selasa (16/4/2019) memproyeksikan Zelensky bakal meraih 72 persen suara, sedangkan Poroshenko dengan 25 persen dalam pemungutan suara akhir pekan mendatang.

Baca juga: Pemilu Ukraina, Saat Petahana Berdebat dengan Podium Kosong

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com