Kompas.com - 16/04/2019, 20:23 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Angkatan Udara Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka telah resmi memberangkatkan jet tempur F-35 miliknya ke wilayah Timur Tengah.

Komando Pusat Angkatan Udara AS (AFCENT) mengumumkan, pada Senin (15/4/2019), telah memberangkatkan jet tempur generasi kelimanya dari Pangkalan Udara Hill di Utah, AS ke Pangkalan Udara Al Dhafra di Uni Emirat Arab.

Penempatan jet tempur F-35 dari Satuan Sayap Tempur ke-388 dan ke-419 Angkatan Udara AS itu untuk misi pengawasan di wilayah Timur Tengah.

Ini juga menjadi kali pertama bagi Angkatan Udara AS menempatkan jet tempur F-35 miliknya ke kawasan tersebut.

Baca juga: AS Tangguhkan Pengiriman F-35 ke Turki, Israel Diuntungkan

Dilansir Fox News, jet tempur yang ditempatkan AS di UEA adalah varian F-35A, yang dapat lepas landas dan mendarat secara konvensional.

Varian F-35 ini juga menjadi yang paling sedikit diproduksi oleh Lockheed Martin dibandingkan varian lainnya.

"Kami menambahkan sistem persenjataan mutakhir ke dalam daftar persenjataan kami yang secara signifikan akan meningkatkan kemampuan koalisi," kata Komandan AFCENT, Letnan Jenderal Joseph T Guastella.

"Perpaduan sensor dan kemampuan bertahan yang diberikan pesawat ini pada pasukan gabungan akan meningkatkan keamanan dan stabilitas di seluruh medan peperangan dan mencegah para penyerang," tambahnya.

Sementara ditambahkan Kepala Staf Angkatan Udara Jenderal David Goldfein, keberadaan jet tempur F-35A di UEA akan semakin meningkatkan dominasi udara AS dari setiap ancaman.

"Saat tiba waktunya untuk memiliki 'quarterback' dalam pasukan gabungan koalisi, F-35A jelas merupakan pesawat untuk peran kepemimpinan," ujarnya.

Kabar penempatan jet tempur F-35A milik AS ke UEA ini datang setelah sebelumnya, pesawat serupa milik Pasukan Bela Diri Udara Jepang (JASDF) terjatuh di perairan Pasifik dan kini masih dalam pencarian.

Baca juga: AS Bisa Produksi Jet Tempur F-35 Tanpa Bantuan Turki

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.