Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh dari Wahana Seluncuran Tali, Turis Kanada Tewas di Thailand

Kompas.com - 15/04/2019, 23:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

CHIANG MAI, KOMPAS.com - Seorang turis berusia 25 tahun asal Kanada dilaporkan tewas akibat terjatuh dari wahana zipline atau seluncuran tali di Chiang Mai, Thailand.

Dilansir dari Channel News Asia, insiden tersebut terjadi di sebuah wahana seluncuran tali yang melintas setinggi 50 meter di atas sungai di distrik Mae On, Sabtu (13/4/2019).

Menurut laporan Khaosod English, kecelakaan terjadi akibat kunci pengaman yang dikenakan turis tersebut tidak berfungsi dengan semestinya, sehingga menyebabkannya terjatuh. Korban dinyatakan meninggal di lokasi kejadian.

Kepala polisi forensik Chiang Mai, Tanandon Wittayawutthikul menyampaikan, korban telah berhasil diidentifikasi.

Baca juga: Seorang Wanita Terjatuh dari Wahana Roller Coaster di Kasino Las Vegas

Korban diketahui bernama Spencer Charles, yang melakukan perjalanan ke Thailand bersama sebuah rombongan, termasuk kekasihnya. Demikian diberitakan Bangkok Post.

Sementara pengakuan dari staf Flight of The Gibbon, selaku operator wahana zipline, mengatakan, kunci pengaman yang dikenakan turis itu rusak tak lama setelah korban meluncur dari titik awal.

"Kami meyakini (insiden ini) disebabkan oleh kelalaian pihak operator," kata Wittayawutthikul.

Laporan kepolisian menyebut hanya menemukan adanya tiga tali yang terpasang dengan benar, dari semestinya sebanyak delapan tali untuk memastikan keselamatan pelanggan.

Laporan awal pihak kepolisian juga menyebut kecelakaan disebabkan peralatan yang diduga tak mampu menahan beban tubuh turis tersebut. Menurut situs operator, berat tubuh peserta tidak boleh lebih dari 125 kilogram.

Sementara dalam laporan terbaru pada Minggu (14/4/2019), dikatakan belum ada tuntutan yang diajukan dalam penyelidikan kepolisian, sambil menunggu hasil autopsi dan laporan inspeksi peralatan.

Menurut perwakilan dari Flight of The Gibbon, petugas selalu melakukan pemeriksaan terhadap peralatan keselamatan setiap pagi dan bahwa wahana seluncuran tali tersebut telah melalui inspeksi teknik, yang terakhir dilakukan Maret lalu.

Namun ini bukan insiden pertama yang terjadi di wahana seluncuran tali yang dikelola Flight of The Gibbon di Chiang Mai.

Baca juga: Wahana Antariksa Soviet Tahun 1972 Diperkirakan Segera Jatuh ke Bumi

Pada 2016, tiga turis Israel, termasuk seorang anak laki-laki berusia 7 tahun mengalami luka serius usai saling bertabrakan dan jatuh saat meluncur.

Pada 2015, dua turis asal China tewas dalam insiden terpisah di fasilitas berbeda di Chiang Mai.

Di tahun yang sama, seorang turis AS dan seorang turis China terluka parah usai bertabrakan saat meluncur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com