Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenang Detik-detik Tenggelamnya Titanic 107 Tahun Lalu...

Kompas.com - 15/04/2019, 17:58 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanggal 15 April 1912 tercatat dalam sejarah dunia sebagai hari kelam dalam sejarah pelayaran. Sebab, pada tanggal itu ribuan penumpang dalam RMS Titanic tewas saat kapal terbesar di dunia saat itu tenggelam.

Titanic tenggelam setelah menabrak gunung es pada Sabtu malam, 14 April 1912, sekitar pukul 23.40 di Samudra Atlantik bagian utara, yang dikenal sangat dingin.

Peristiwa ini sontak menjadi perhatian dunia. Sebab saat diperkenalkan kepada publik pada 31 Mei 1911, RMS Titanic merupakan kapal termegah dan terbesar di dunia.

Perusahaan pelayaran White Star di Inggris mendapatkan kepercayaan untuk membuat kapal ini. Dengan panjang sekitar 274 meter dan tinggi 30 meter, kapal ini diklaim bisa mengangkut ribuan orang sekali jalan.

Setelah diperkenalkan, pada 2 April 1912 Titanic mengalami uji coba pertamanya dari galangan kapal Harland & Wolff.

Titanic memulai berjalan dari Belfast Lough di Irlandia melalui sungai Lagan, menuju perairan terbuka Laut Irlandia. Kapal akhirnya kembali ke Belfast pada pukul 19.00 malam waktu setempat.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: RMS Titanic Uji Coba Ketangguhannya di Lautan

Ketika persiapan dilakukan, Titanic melakukan pelayaran perdananya. Tantangan kali ini adalah untuk menepis keraguan dari banyak orang akan ketangguhan dan kekuatan dari Titanic berlayar.

Dalam pelayaran pertama, RMS Titanic menempuh perjalanan dari Southampton Inggris menuju ke New York.

Titanic tenggelam

Kapal pesiar RMS Titanic dipandu kapal tunda saat meninggalkan galangan kapal Belfast, Irlandia Utara pada 2 April 1912. Robert John Welch/Harland & Wolff/Wikipedia Kapal pesiar RMS Titanic dipandu kapal tunda saat meninggalkan galangan kapal Belfast, Irlandia Utara pada 2 April 1912.
Delapan hari setelah uji coba, akhirnya dunia melihat pelayaran perdana kapal terbesar ini. Ribuan orang menyaksikan keberangkatan dari Southampton pada 10 April 1912.

Sebelum menuju New York, kapal ini sempat singgah beberapa kali di Perancis dan Irlandia. Saat itu, Titanic membawa 2.206 penumpang dan 898 orang awak.

Para penumpang terdiri dari sejumlah orang kaya dan seribu emigran dari Inggris, Irlandia, Skandinavia, dan negara-negara lain yang mencari kehidupan baru di Amerika.

Kru Titanic sudah mengetahui bahwa kondisi di laut Atlantik Utara sedang hangat dan membuat banyak gunung es pecah dan hanyut di lautan, tapi mereka yakin bahwa Titanic tak bisa tenggelam.

Pada 14 April 1912 malam, sebuah kapal yang berlayar di alur yang sama dengan Titanic, melaporkan lewat radio tentang adanya gunung es mengadang jalur pelayaran Titanic.

Kabar itu tak dihiraukan, dan pada pukul 23.40 tabrakan terjadi. Sisi bagian kanan kapal pecah akibat gunung es sehingga enam kompartemen hancur.

Baca juga: 3 Film yang Terinspirasi Kisah Tenggelamnya RMS Titanic

Kapal pesiar RMS Titanic di pelabuhan Cobh, Irlandia pada 11 April 1912 atau empat hari sebelum tenggelam.Cobh Heritage Center/Wikipedia Kapal pesiar RMS Titanic di pelabuhan Cobh, Irlandia pada 11 April 1912 atau empat hari sebelum tenggelam.
Pada 15 April 1912 dini hari, kapten memerintahkan penumpang untuk menaiki sekoci yang sudah dipersiapkan. Mereka tinggal menurunkan sekoci dan menjauh dari Titanic yang mau tenggelam.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com