Rumah Shakespeare saat Menulis Romeo dan Juliet di London Ditemukan

Kompas.com - 15/04/2019, 17:15 WIB
Lukisan wajah William Shakespeare karya John Taylor pada 1610.ENCYCLOPEDIA BRITANNICA/ THE NATIONAL PORTRAIT GALLERY Lukisan wajah William Shakespeare karya John Taylor pada 1610.

LONDON, KOMPAS.com - Kisah romansa Romeo dan Juliet karya William Shakespeare begitu mendunia bahkan hingga sekarang.

Kini sejarawan teater mengklaim telah menemukan tepatnya di mana sang penyair itu menulis Romeo dan Juliet di suatu tempat di London, Inggris.

Diwartakan The Evening Standard, Sabtu (13/4/2019), Sejarawan Geoffrey Marsh meyakini telah berhasil menentukan tempat lokasi itu melalui sejumlah catatan resmi.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: William Shakespeare, Sang Pujangga

Dia memastikan Shakespeare tinggal di 5 Great St Helen, dekat dengan Liverpool Street. BBC mencatat, dia sebelumnya diketahui hidup di sekitar area itu pada tahun 1597-1598. Alamat tersebut sekarang ini telah ditempati oleh kompleks perkantoran.

Melansir dari CNN, selama upaya penelitian satu dekade, Marsh mengawalinya setelah The Theatre, sebuah rumah teater era Elizabeth di Shoreditch, London, ditemukan pada 2008.

Dia lalu bertanya-tanya di mana Shakespeare tinggal ketika dramanya dimainkan di tempat itu.

Rumah keluarga Shakespeare di Stratford-upon-Avon, Warwickshire, Inggris.ENCYCLOPEDIA BRITANNICA/ SHUTTERSTOCK Rumah keluarga Shakespeare di Stratford-upon-Avon, Warwickshire, Inggris.
Sebelumnya, sang pujangga itu telah diidentifikasi tinggal di London, dekat Stasiun Liverpool Street, yang kemudian dikenal sebagai paroki St Helen.

Dia terdaftar sebagai pembayar pajak pada 1597/1598, tapi lokasi tempat tinggal belum dapat dipastikan.

Setelah melakukan penelitian, Marsh meyakini kemungkinan besar tempat tinggal Shakespeare berada di antara properti yang menghadap ke halaman gereja St Helen.

"Tempat di mana Shakespeare tinggal di London memberi kita pemahaman yang lebih mendalam tentang inspirasi untuk karya dan hidupnya," ujarnya.

"Dalam beberapa tahun berpindah ke London dari Stratford, dia tinggal di salah satu paroki terkaya di kota itu, bersama dengan tokoh masyarakat yang kuat, pedagang internasional yang kaya, dokter, dan musisi ahli," katanya.

Sejarawan yang juga Direktur Departemen Teater dan Pertunjukan Museum Victoria mengatakan, tinggal di London dapat meningkatkan status Shakespeare ketika sedang mengembangkan kariernya, dengan berencana untuk membeli rumah yang mahal di Startford.

Baca juga: Buku Kumpulan Drama Shakespeare yang Langka Ditemukan

Tidak ada catatan resmi terkait hari kelahiran Shakespeare. Namun ada dokumen yang menunjukkan jika sang pujangga utu dibaptis di Gereja Trinitas Suci di kota Stratford-upon-Avon, Inggris, pada 26 April 1564.

Dari situ diyakini kemudian, Shakespeare lahir sekitar 23 April 1564 dan tanggal itulah yang kemudian dipakai para peneliti sebagai tanggal kelahirannya.

Selama lebih dari dua dekade berkarya, William Shakespeare telah menulis sebanyak 37 naskah pertunjukan, termasuk yang paling terkenal sepanjang masa, kisah Romeo dan Juliet.




Close Ads X