Kompas.com - 15/04/2019, 07:05 WIB

 

SINGAPURA, KOMPAS.com — Sakit keras dan terbaring di rumah sakit di Singapura tidak mengendorkan keteguhan hati Bigman Sirait untuk mencoblos pada Pemilu 2019.

Warga negara Indonesia kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara, ini masih dalam kondisi lemah setelah menjalani operasi jantung di sebuah rumah sakit di kawasan Novena, Singapura.

Namun, Bigman menolak menyerah ketika mendapat kabar surat suara tidak mungkin diantar ke ruang tempat dia sedang dirawat.

Pria yang berprofesi sebagai pendeta ini kemudian meminta dokter untuk kembali mencoba menghubungi KBRI.

Baca juga: Mencoblos di Singapura, SBY Serukan Kerukunan saat Pemilu

Dokter kemudian mengabarkan ke KBRI bahwa Bigman bersikeras ingin mencoblos untuk menunaikan hak politiknya sebagai permintaan terakhirnya.

Dokter tahu tidak dapat begitu saja membiarkan Bigman bergerak menuju KBRI karena kondisinya masih lemah. Namun, tekadnya memang luar biasa.

Akhirnya, pihak dokter dan rumah sakit mengizinkan Bigman untuk diantar dengan ambulans yang difasilitasi tube untuk mencoblos calon pilihannya pada Minggu (14/4/2019).

PPLN Singapura mengantarkan dua surat suara ke ambulans, tempat pria berusia 58 ini berbaring sambil mencoblos.

"Saya memang sedang sakit. Namun, saya terus bertempur. Apalah artinya saya mengaku seorang Indonesia jika saya diam di rumah sakit tidak mencoblos," katanya.

"Jika saya tidak mencoblos, saya sama saja dengan seorang pengecut," ucap Bigman dengan wajah penuh senyum ketika selesai mencelupkan jarinya ke tinta.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.