Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Santap Siang, Jokowi dan Raja Salman Bahas Kerja Sama

Kompas.com - 14/04/2019, 22:04 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, menerima kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Riyadh, Minggu (14/4/2019).

Diwartakan kantor berita SPA, Jokowi menyatakan kegembiraannya bisa mengunjungi kerajaan tersebut dan bertemu dengan Raja Salman, sang Penjaga Dua Masjid Suci.

Laporan itu menyebutkan, presiden yang mencalonkan diri untuk periode kedua ini juga berjabat tangan dengan para pangeran dan militer yang datang menyambutnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan Bertemu Raja Salman di Riyadh

Di istana pribadi raja, Al-Qasr Al-Khas, pada sore hari, keduanya menggelar pertemuan selepas jamuan santap siang.

Dalam momen tersebut, Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat akan meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

Raja Salman dan Ibu Iriana. (Biro Pers Sekretariat Presiden) Raja Salman dan Ibu Iriana. (Biro Pers Sekretariat Presiden)
“Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan, kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai pertemuan.

Dalam pertemuan, Jokowi juga menyampaikan apresiasi dari masyarakat Indonesia atas kuota tambahan sebesar 10.000 bagi jemaah haji dari tanah air.

"Raja Salman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia," ucap Retno.

Menurutnya, pertemuan bilateral itu turut memperlihatkan apresiasi Raja Salman terhadap Indonesia atas kepemimpinan di dunia Islam.

"Dari pembicaraan tadi tampak sekali kedekatan antara kedua kepala negara," ujarnya.

Selain Retno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, dan Staf Khusus Presiden Abdul Ghofarrozin turut menemani Jokowi dalam momen tersebut.

Baca juga: Belum Bayar Biaya Perawatan Pasien, Pangeran Saudi Digugat Rumah Sakit

Setelah pertemuan dengan Raja Salman, presiden dan Ibu Negara Iriana akan bertolak ke Jeddah pada malam harinya.

Dari Jeddah, Jokowi dan istrinya Iriana akan melanjutkkan perjalanan menuju Mekah untuk menunaikan ibadah umrah. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama rombongan direncanakan tiba kembali di Jakarta pada Senin (15/4/2019) malam.

"Malam nanti, Insya Allah, saya bersama Ibu Negara menuju kota suci Makkah untuk menunaikan ibadah umrah," demikian tulis Jokowi di akun Instagram-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com