Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNI Antusias, Pelaksanaan Pemilu di Denmark Berjalan Lancar

Kompas.com - 14/04/2019, 14:04 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

KOPENHAGEN, KOMPAS.com - Warga Negara Indoneia yang berada di luar negeri mulai berbondong-bondong menggunakan hak pilihnya.

Di Denmark, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kopenhagen menyelenggarakan pemilu di Tempat Pemilihan Suara (TPS) di KBRI Kopenhagen, Denmark, pada Sabtu (13/4/2019).

Pemungutan suara dimulai pukul 08.00 dan ditutup pukul 18.00 waktu setempat.

Baca juga: Meski TPS Belum Buka, WNI di Singapura Sudah Ramai Antre Mencoblos

Duta Besar RI untuk Denmark merangkap Lithuania, M Ibnu Said, mengatakan WNI begitu antusias menyambut pesta demokrasi.

Pemilu di Tempat Pemilihan Suara (TPS) di KBRI Kopenhagen, Denmark, pada Sabtu (13/4/2019). (KBRI Copenhagen) Pemilu di Tempat Pemilihan Suara (TPS) di KBRI Kopenhagen, Denmark, pada Sabtu (13/4/2019). (KBRI Copenhagen)
"Masyarakat Indonesia gembira dan senang hari ini telah menyalurkan aspirasinya untuk menentukan masa depan Indonesia yang maju, sejahtera, serta adil dan makmur," ujarnya.

Jumlah pemilih di Denmark dan Lithuania yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap sebanyak 720 pemilih, dengan rincian 570 pemilih menggunakan pos dan 150 pemilih terdaftar untuk pemilihan di TPS.

Terdapat juga 63 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan.

PPLN Kopenhagen menyatakan keseluruhan surat suara yang diperuntukkan untuk TPS telah dipergunakan untuk mengakomodir pemilih yang mendaftar.

Begitu pula dengan pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tambahan dan pemilih yang datang ke TPS membawa formulir A5 maupun yang hanya membawa identitas nasional (Daftar Pemilih Khusus/DPK).

Baca juga: Mereka yang Berdoa agar Pemilu Berjalan Aman dan Damai...

PPLN Kopenhagen juga menyampaikan, pelaksanaan Pemilu di TPS berjalan lancar, tanpa ada insiden apapun.

PPLN Kopenhagen masih menunggu sisa surat suara yang dikirim melalui pos hingga tanggal penghitungan suara pada 17 April 2019, yang direncanakan dilaksanakan pukul 08.00 hingga selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com