Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Siapa Pun Presiden Indonesia, Kita Semua Harus Tetap Bersatu”

Kompas.com - 14/04/2019, 08:24 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Warga Negara Indonesia berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Luar Negeri di kantor KBRI Lisbon, Portugal, Sabtu pagi (13/4/2019).

Seperti WNI di banyak kota lain di dunia, mereka pun datang ke KBRI untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Umum 2019.

Antusiasme terlihat dari wajah-wajah 70 WNI yang hadir di TPS. Dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Portugal tercatat ada 232 WNI.

Selain di KBRI, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Portugal juga menyelenggarakan pemungutan suara dengan Kotak Suara Keliling (KSK) di Kota Póvoa de Varzim.

Lokasi itu sekitar empat jam perjalanan darat dari Lisbon.

Baca juga: Rela Bangun Subuh dan Tembus Hujan demi Nyoblos di New York...

Tidak hanya itu, WNI di Portugal juga dimudahkan dengan fasilitas untuk mencoblos melalui pos jika tidak dapat hadir di TPS ataupun KSK.

Salah satu WNI yang memberikan hak suaranya dalam pemilihan umum 2019, di KBRI Lisbon, Sabtu (13/4/2019).DOKUMENTASI KBRI LISBON Salah satu WNI yang memberikan hak suaranya dalam pemilihan umum 2019, di KBRI Lisbon, Sabtu (13/4/2019).

“Siapa pun Presiden Indonesia, kita semua harus tetap bersatu,” ujar Noor Jannah, WNI yang telah tinggal di Portugal selama 33 tahun.

Bagi wanita yang tinggal di Kota Algarve ini, hasil Pemilu diharapkan dapat memajukan dan menyejahterakan masyarakat Indonesia.

Untuk harapannya itu, Noor Jannah rela menempuh perjalanan sekitar tiga jam, demi dapat memberikan hak pilihnya di TPLN Lisbon.

Lain lagi dengan Bartholomeus Leon Santoso, pelajar sekolah pilot di Kota Ponte de Sor.

“Saya benar-benar terkesan dengan pelaksanaan Pemilu di luar negeri ini,” ujar pria yang sering disapa Leon tersebut.

Baca juga: Jokowi: Hari Tenang, Enggak Usah Aneh-aneh...

Perhelatan ini merupakan pengalaman pertama bagi Leon.

Bersama komunitas pelajar pilot Indonesia di Ponte de Sor, Leon menempuh perjalanan dua jam untuk tiba di Lisbon.

Setelah pencoblosan, PPLN di Portugal akan melakukan penghitungan suara pada tanggal 17 April 2019, mengikuti penghitungan suara di Indonesia.

Hal yang sama juga akan dilakukan oleh semua PPLN di seluruh dunia. Demikian informasi yang dikutip dari siaran pers KBRI Lisbon, seperti yang diterima Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com