Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Dinas Intelijen Sudan Mengundurkan Diri

Kompas.com - 13/04/2019, 18:18 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

KHARTOUM, KOMPAS.com - Kepala Badan Keamanan dan Intelijen Sudan (NISS), Salih Ghosh mengundurkan diri dari jabatannya. Demikian disampaikan pemimpin militer baru Sudan, Sabtu (13/4/2019).

"Ketua dewan transisional militer, Abdel Fattah al-Burhan, telah menerima pengunduran diri kepala NISS," demikian pernyataan dewan transisional.

Sebelumnbya, panglima militer Sudan mengundurkan diri dari jabatannya, Jumat (12/4/2019), hanya sehari setelah dilantik.

Baca juga: Baru Sehari Menjabat, Panglima Militer Sudan Mengundurkan Diri

Jenderal Awad Ibn Ouf mengumumkan pengunduran dirinya setelah dilantik pada Kamis (11/4/2019) malam menyusul pendongkelan Presiden Omar al-Bashir.

"Saya mengumumkan pengunduran diri sebagai Ketua Dewan Militer Transisional," ujar Jenderal Awad sambil mengatakan dia telah menunjuk Jenderal Abdel Fattah al-Burhan Abdulrahman sebagai penggantinya.

Langkah Awad ini diambil setelah Ketua Dewan Politik Letnan Jenderal Omar Zain al-Abdin menyampaikan pidatonya di televisi.

Dalam pidato yang ditujukan untuk para diplomat Arab dan Afrika itu, Omar Zain mengatakan, tentara tidak melakukan kudeta, tetapi berpihak kepada keinginan rakyat.

Lengsernya Jenderal Awad menjadi sebuah pertanda jelas adanya kebingungan di antara para pemimpin Sudan setelah tersingkirnya Omar al-Bashir.

Sementara itu, Asosiasi Profesional Sudan yang memimpin unjuk rasa nasional menyebut mundurnya Awad sebagai kemenangan rakyat.

Kelompok itu juga memimpin aksi protes menyerukan agar panglima militer baru Sudan menyerahkan kekuasaan dewan militer kepada pemerintah sipil.

Baca juga: Setelah 30 Tahun Berkuasa, Presiden Sudan Dikabarkan Mundur

"Jika ini tidak terjadi, kami akan terus melakukan aksi duduk di markas militer dan di kota-kota lain," demikian pernyataan asosiasi itu.

Unjuk rasa menentang 30 tahun kekuasaan Omar al-Bashir pertama kali pecah pada Desember tahun lalu yang dipicu kenaikan tiga kali lipat harga roti di negeri miskin itu.


 

 

Panglima militer Sudan mengundurkan diri dari jabatannya, Jumat (12/4/2019), hanya sehari setelah dilantik. Jenderal Awad Ibn Ouf mengumumkan pengunduran dirinya setelah dilantik pada Kamis (11/4/2019) malam menyusul pendongkelan Presiden Omar al-Bashir. "Saya mengumumkan pengunduran diri sebagai Ketua Dewan Militer Transisional," ujar Jenderal Awad sambil mengatakan dia telah menunjuk Jenderal Abdel Fattah al-Burhan Abdulrahman sebagai penggantinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Baru Sehari Menjabat, Panglima Militer Sudan Mengundurkan Diri", https://internasional.kompas.com/read/2019/04/13/08044251/baru-sehari-menjabat-panglima-militer-sudan-mengundurkan-diri.
Penulis : Ervan Hardoko
Editor : Ervan Hardoko

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com