Kompas.com - 13/04/2019, 16:41 WIB

DEN HAAG, KOMPAS.com — Sebanyak 11.744 warga negara Indonesia (WNI) di Belanda dilaporkan sudah mulai memberikan suara mereka untuk pemilihan umum pada Sabtu (13/4/2019).

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Den Haag menyebutkan, ada lima lokasi tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) dan dua TPS Pos yang disediakan bagi WNI di Belanda.

Berdasarkan rilis laporan persiapan pemilu luar negeri di Den Haag, yang diterima Kompas.com, ada dua cara yang bisa dilakukan WNI di luar negeri untuk menggunakan hak pilihnya.

Cara pertama ialah dengan datang langsung ke TPSLN saat hari pencoblosan, sementara cara kedua bisa dengan mengirimkan surat suara ke TPS Pos sebelum 17 April 2019 agar dapat dihitung pada hari penghitungan suara.

"Apabila surat suara baru tiba setelah 17 April 2019, surat suara tidak dapat diperhitungkan kembali," ujar Ketua PPLN Den Haag Moeljo Wijono melalui pernyataan tertulis.

Baca juga: Bawaslu Pertanyakan Wadubes Indonesia di Malaysia yang Jadi PPLN

Ribuan WNI di Belanda itu sudah berada di luar lokasi pencoblosan sejak pagi hari meski cuaca saat itu sedang sangat dingin, mencapai 2 derajat celsius.

Sebanyak 9.700 calon pemilih diharapkan langsung ke TPSLN Den Haag yang berlokasi di Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) di Rijksstraatweg, Wassenaar, Belanda.

Sebanyak 2.044 WNI calon pemilih yang tercatat telah dikirimi surat suara karena berhalangan hadir di TPSLN.

PPLN Den Haag mencatat sebanyak 199 WNI tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) dan masuk ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Selain itu, PPLN Den Haag mengindikasikan 1.026 WNI akan masuk ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK), yakni pemilik hak suara yang tidak terdaftar dalam DPTLN maupun DPTb.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.