Kompas.com - 12/04/2019, 16:06 WIB

KOMPAS.com - Pesawat terbang mengalami perkembangan dari masa ke masa. Apalagi, setelah Orville dan Wilbur Wright atau Wright Bersaudara berhasil menerbangkan pesawat untuk kali pertama.

Salah satu perkembangan era aviasi modern ditandai dengan hadirnya mesin turbojet. Awalnya, mesin turbojet dibuat untuk menjawab kebutuhan penerbangan yang lebih cepat.

Seorang perwira Angkatan Udara Inggris bernama Frank Whittle mengawali ini semua. Berbekal pengalaman dan ilmunya, dia mencoba merakit mesin yang sekarang banyak diaplikasikan oleh beberapa pesawat dunia.

Anggota Royal Air Force (RAF) atau Angkatan Udara Inggris berhasil menguji coba penemuan mesin turbojet pada 12 April 1937 di sebuah pabrik kecil di Rugby, Warwickshire, Inggris.

Dilansir dari The Telegraph, pada pengujian di Rugby pada bulan April tahun itu, sebuah mesin menderu sekeras sirene serangan udara.

Keberhasilan ini menjadi ironi, karena penemuan itu diragukan pemerintah. Namun, pada akhirnya penemuan itu digunakan dalam pesawat terbang ketika Perang Dunia II pecah. Mesin turbojet membantu pesawat untuk terbang lebih cepat dan memangkas waktu perjalanan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penerbangan Pertama Trans-Atlantik dari Timur ke Barat

Dianggap ide gila

Mesin jet yang dikembangkan Frank WhittleDailymail Mesin jet yang dikembangkan Frank Whittle

Frank Whittle merupakan putra seorang mekanik yang tertarik dengan penerbangan. Seiring bertambahnya usia, dia bertekad masuk Royal Air Force (RAF) Inggris.

Ia lulus akademik, namun gagal dalam tes fisik. Namun, setelah melalui diet ketat akhirnya dia diterima di RAF Cranwell pada 1923.

Karena bakat akademis, ia direkomendasikan untuk menjadi seorang taruna yang harus menuliskan laporan ilmiah setiap enam bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.