Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Peramal di Korut Dikabarkan Ditembak Mati di Depan Umum

Kompas.com - 12/04/2019, 07:01 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PYONGYANG, KOMPAS.com - Dua orang peramal di Korea Utara (Korut) dilaporkan ditembak mati dalam sebuah eksekusi yang dihadiri oleh masyarakat.

Ribuan orang diminta untuk hadir dalam acara eksekusi publik yang berlangsung di kota kawasan utara Chongjin pada Maret lalu.

Baca juga: Jumlah Eksekusi Mati di Dunia Capai Titik Terendah dalam Satu Dekade

Diwartakan Radio Free Asia via Daily Mirror Kamis (11/4/2019), awalnya ada seorang perempuan yang membentuk kelompok bernama Seven Star Group.

Perempuan itu mengklaim dua orang anak yang berusia tiga dan lima tahun bisa memanggil roh dan memberitahukan masa depan kepada orang yang tertarik.

Sumber internal mengatakan, eksekusi itu merupakan bentuk pengendalian "ketertiban sosial" karena ketenaran peramal itu sudah meluas.

"Bahkan para pejabat tinggi dan keluarganya sering mengunjungi peramal itu untuk minta pendapat soal pernikahan atau kesepakatan bisnis," kata sumber itu.

Selain eksekusi terhadap dua peramal, perempuan yang diyakini sebagai koordinator kelompok itu dilaporkan dipenjara seumur hidup.

"Begitu peramal itu dijatuhi hukuman mati, ribuan orang mulai dari mahasiswa, buruh pabrik, hingga ibu rumah tangga dipaksa melihat eksekusi," lanjut sumber.

Melalui eksekusi tersebut, kata si sumber, pemerintah ingin menekankan supaya para pejabat Korut berhenti bergantung kepada takhayul.

Sumber kedua di Provinsi Hamgyong Utara berkata, Komite Pusat Partai Buruh ingin melenyapkan segala bentuk anti-sosialis di negaranya.

"Orang-orang takut mereka bakal mati kelaparan jika mengikuti hukum. Karena itu, praktik ilegal seperti peramal mulai umum dijumpai," tambah dia.

Baca juga: Eksekusi Mati Tuti Tanpa Notifikasi, Pemerintah Arab Saudi Dinilai Langgar Hukum Internasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com