Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2019, 15:55 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

QUANG NINH, KOMPAS.com - Petugas penjaga perbatasan Vietnam menahan seorang pria yang kedapatan mencoba menyelundupkan kulit dan tulang harimau ke China.

Penjaga perbatasan di Provinsi Quang Ninh, Vietnam utara, menahan seorang pria yang membawa satu kulit harimau utuh dan lima tulang harimau dengan berat total sekitar 5,4 kilogram.

Pria tersebut ditahan saat hendak melewati perbatasan menuju China pada Rabu (10/4/2019).

"Pria itu berusaha membawa barang-barang yang berasal dari harimau itu melintasi perbatasan," kata seorang petugas di stasiun perbatasan Quang Ninh, kepada AFP, Kamis (11/4/2019).

Perdagangan ilegal benda-benda yang berasal dari satwa liar yang dilindungi masih kerap terjadi di Vietnam.

Baca juga: Pria Ini Lawan Seekor Harimau Siberia yang Menyerang Sapinya dengan Garpu Rumput

Negara Asia Tenggara itu bahkan disebut menjadi pusat konsumsi sekaligus jalur perdagangan populer untuk menyelundupkan produk-produk hewan ilegal itu ke bagian lain Asia, seperti China.

Menurut media pemerintah Vietnam, harga sebuha kulit harimau utuh di Vietnam bisa mencapai 6.000 dollar AS (sekitar Rp 84 juta). Harganya akan melonjak hingga 10.000 dollar AS (sekitar Rp 140 juta) jika telah mecapai China.

Sedangkan harga 100 gram tulang harimau bisa mencapai 1.000 dollar atau sekitar Rp 14 juta di Vietnam.

Produk dari harimau masih sangat dihargai di Vietnam. Kulit harimau utuh biasanya digunakan untuk dekorasi, sementara gigi dan cakar banyak diubah menjadi perhiasan, sedangkan tulang dan kumis diyakini masih manjur untuk obat tradisional.

Tulang harimau biasanya akan direbus dan kemudian air rebusannya dicampur dengan anggur beras untuk membuat ramuan yang dipercaya ampuh mengobati radang sendi hingga meningkatkan vitalitas.

Seperti halnya produk hewan liar dilindungi lainnya, seperti gading gajah, cula badak, atau kulit trenggiling, perdagangan bagian tubuh harimau kini juga telah banyak dilakukan di secara online.

Kondisi itu menyebabkan pihak berwajib kesulitan untuk menangkap pelaku perdagangan barang ilegal itu.

Baca juga: Masuk Rumah Kosong untuk Isap Ganja, Pria Ini Malah Bertemu Harimau

Harimau telah masuk dalam daftar hewan terancam punah menurut WWF. Di Vietnam, harimau liar terakhir kali terfoto pada 1997 dan jumlahnya saat ini tidak diketahui secara pasti.

Di Vietnam, harimau masih bisa dipelihara dengan izin resmi. Diperkirakan ada sekitar 240 harimau yang dipelihara individu maupun kebun binatang di seluruh negeri, menurut data lembaga konservasi, Pendidikan untuk Alam Vietnam (ENV).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com