Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Senjata Andalan Nazi pada Perang Dunia II...

Kompas.com - 11/04/2019, 10:38 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Setiap negara yang terlibat peperangan akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenanginya. Salah satu yang menjadi andalan adalah pengembangan senjata.

Pada masa Perang Dunia II, salah satu kubu yang ikut berperang, Nazi Jerman, mengembangkan sejumlah persenjataan mutakhir pada masanya agar bisa memenangi perang.

Nazi terkenal dengan pengembangan desain senjata perang yang inovatif. Dari persenjataan ringan hingga berat dikembangkan untuk menunjang peperangan.

Berikut adalah senjata rahasia Nazi yang dibuat untuk menunjang Perang Dunia II:

1. Fritz-X

Fritz-XHistoryhit Fritz-X

Ini adalah bom yang dikendalikan via radio oleh Jerman. Senjata ini dibuat untuk Luftwaffe atau Angkatan Udara Jerman dan dirancang untuk menembus kapal-kapal lapis baja, termasuk kapal penjelajah berat dan kapal perang.

Senjata ini dilengkapi dengan fitur empat sayap kecil sepanjang 1,35 meter dan mampu terbang sesuai dengan kendali. Untuk menjatuhkannya, alat ini harus terbang langsung menuju sasaran yang dituju.

Dalam praktiknya, Fritz-X merupakan senjata yang ampuh dan cocok bagi Jerman dalam melawan sekutu.

Baca juga: LZ 129 Hindenburg, Zeppelin Milik Nazi yang Sebesar Titanic

Pada 9 September 1943, segera setelah gencatan senjata Italia, Jerman menjatuhkan beberapa Fritz-X ke kapal perang milik Italia bernama Roma. Hasilnya, 1.455 orang di dalamnya tenggelam.

Senjata ini juga menenggelamkan kapal HMS Spartan milik Inggris, kapal perusak Inggris HMS Janus, dan kapal rumah sakit Newfoundland. Lebih dari 2.000 Fritz-X dibangun, tetapi hanya 200 yang pernah dijatuhkan.

2. U-boat

U-Boat Nazipressandjournal U-Boat Nazi
Kapal selam dipercaya jauh lebih berbahaya bagi kru mereka sendiri dibandingkan terhadap target yang dituju. Dengan demikian, kru kapal selam harus sangat berhati-hati dalam mengoperasikannya.

Kapal selam Jerman, U-boat, mempunyai pengaruh besar dalam Perang Dunia II melawan pasukan sekutu.

U-boat digunakan baik oleh Angkatan Laut Jerman maupun Kriegsmarine. Saat itu, praktik penggunaan U-boat belum dibatasi batas wilayah sehingga Jerman bisa leluasa menguasai lautan dalam.

U-boat memiliki peran yang sama selama Perang Dunia II ketika Jerman hampir memutuskan jalur vital Inggris dengan Amerika Serikat. Pada 1939-1945, U-boat menenggelamkan 2.779 kapal Sekutu.

3. Horten Ho 229
Horten Ho 229Wikipedia Horten Ho 229

Ini adalah pesawat terbang pertama yang menggunakan mesin jet. Desainnya merupakan keinginan dari petinggi Nazi, Hermann Goring, untuk pengebom ringan yang mampu membawa 1.000 kilogram melintasi jarak 1.000 kilometer dengan kecepatan 1.000 km per jam.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com