Kompas.com - 10/04/2019, 13:14 WIB

WELLINGTON, KOMPAS.com - Perusahaan waralaba Burger King di Selandia Baru merilis sebuah video iklan yang menunjukkan pelanggan mencoba untuk maka burger dengan sumpit.

Ternyata, iklan tersebut justru memicu kecaman dari China, yang menuntut permintaan restoran makanan cepat saji asal AS itu.

Diwartakan dari ABC, Rabu (10/4/2019), video yang sebelumnya diunggah di akun Instagram restoran itu memperlihatkan orang Barat berusaha makan menu baru Vietnamese Sweet Chilli Tendercrisp Burger memakai sumpit merah raksasa dengan kedua tangannya.

Baca juga: Sambut Kaisar Baru, Restoran Ini Buat Burger Jumbo Sebesar Bola Sepak

Iklan tersebut diberi judul "Bawa selera makan Anda sampai ke Kota Ho Cho Minh".

Burger King akhirnya merespons dengan meminta cabangnya untuk menghapus iklan itu. Videonya kemudian telah dihapus dari akun Instagram pada Selasa sore.

"Iklan tersebut tidak peka dan tidak mencerminkan nilai dagang kami yang terkait keberagaman dan inklusi," demikian pernyataan Burger King.

Pengguna media sosial di China menuntut permintaan maaf. Mereka menyebut Burger King telah mengejek ada istiadat Asia dan tata cara makan

Tagar "permintaan maaf Burger King" telah dilihat lebih dari 50 juta kali di platform mikroblog seperti Sina Weibo pada Selasa sore.

Persoalan iklan yang dianggap rasial karena berhubungan dengan sumpit bukan kali ini saja terjadi. Rumah mode ternama Dolce & Gabbana pernah mengalami hal yang sama.

Kontroversi itu muncul setelah rumah mode berbasis di Milan tersebut mengunggah video pendek di Instagram sebagai promosi acara peragaan busana di China.

Halaman:
Sumber ABCNews
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.